Di Batam, Arus Balik Domestik Mulai Ramai

Penumpang Kapal di H+2 Capai 1.500 Orang

Senin, 13 September 2010 – 11:09 WIB
BATAM - Arus balik di Pelabuhan Domestik Sekupang pada H+2 perayaan Idul Fitri 1431 Hijriyah, sudah mulai ramaiTercatat, lebih dari 1.500 penumpang turun di pelabuhan tersebut, Minggu (12/9) kemarin.

Dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB, sudah 10 kapal penumpang memasuki pelabuhan tersebut

BACA JUGA: Hari ini Diperkirakan Puncak Arus Balik

Ke-10 kapal tersebut membawa penumpang dari Tanjung Batu dan Tanjung Balai Karimun menggunakan kapal Marina, Miko Natalia dan Seatech.

"Dari mulai pagi sampai siang ini, sudah 10 kapal penumpang sandar di Pelabuhan
Tiga kapal Miko, 3 kapal Seatech dan empat kapal Marina

BACA JUGA: Satu Hari Lebih 50 mobil Diderek

Kalau ditotal sudah lebih dari 1.500 penumpang yang turun," ujar Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin Syafrizal, kepada Batam Pos (grup JPNN) di Sekupang, kemarin.

Erwin mengatakan, arus balik masih dipadati warga dari rute kedatangan Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Batu
Sementara rute lainnya seperti Dumai, Palembang dan Tembilahan, masih normal.

Sementara pada H-1, Erwin mengatakan bahwa arus mudik ke luar Batam mencapai 5.599 penumpang, dengan jumlah penumpang turun sebanyak 1.335

BACA JUGA: Arus Balik Sudah Naik 20 %

Sedangkan laporan angkutan Lebaran pas hari H, penumpang turun sebanyak 902 orang dan penumpang naik sebanyak 2.363 orang.

"Kalau H+1, terjadi keberangkatan 29 kapal dengan jumlah penumpang naik mencapai 3.222 orang, sementara penumpang turun atau arus balik mencapai 2.462Load factor arus balik masih mencapai 67 persen," ujar Erwin.

Sementara itu, Kapolsek KKP Sekupang, AKP Dasrul Savit mengatakan, sebanyak 40 personil kepolisian secara khusus menjaga arus balik penumpang di dua pelabuhan domestik dan beton di Sekupang"Kita masih sesuai dengan rencana awal, yakni 20 personil di Domestik, 13 di posko ketupat, dan 7 dari tambahan anggota KKP," ujar Dasrul.

Demi kelancaran arus balik Idul Fitri yang diperkirakan akan mengalami puncaknya dalam seminggu ke depan, anggota kepolisian dari Polresta Barelang juga akan menurunkan satu peleton Samapta, dan 10 anggota Satlantas, khususnya untuk mengamankan kondisi dalam pelabuhan dan arus lalu lintas di luar pelabuhan.

"Kita memprediksi, arus balik sekarang ini tidak serepot arus mudik minggu laluMeski demikian, kita tetap standby dalam pengamanan, khususnya dalam mengatasi tindakan kriminal di pelabuhan," ujar Dasrul.

Dari Pantauan Batam Pos, beberapa personil kepolisian telah berjaga-jaga di Pos Pengamanan Lebaran di Pelabuhan DomestikMereka juga menyediakan cek kesehatan gratis bagi penumpang(cha-bp)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengguna Kereta Api Menurun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler