Di Bawah Komando Menpora Amali, Makin Banyak Event Olahraga Dunia di Indonesia

Sabtu, 28 Mei 2022 – 15:27 WIB
Menpora Zainudin Amali di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (27/5). Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia patut berbangga karena kembali dipercaya menggelar banyak ajang olahraga level internasional.

Sebut saja ajang balap motor kelas dunia MotoGP di Mandalika dan kini tourism level dunia World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi.

BACA JUGA: Kemenpora & CdM Apresiasi Peraih Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2021

Kepercayaan dunia itu tak lepas dari tangan dingin Zainudin Amali dalam kepemimpinannya sebagai menteri pemuda dan olahraga (Menpora).

Selanjutnya, Indonesia bakal menggelar kejuaraan dunia lainnya pada 2022 ini, seperti Piala Asia FIBA, ASEAN Para Games, Formula E, serta BWF Super Series.

BACA JUGA: Jemput Kepulangan Tim Futsal, Volly Pantai & E-Sport, Kemenpora: Ayo Ukir Prestasi Lagi di Kamboja

Terkait WSL Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung Banyuwangi, Menpora Amali mengakui pihaknya saat ini menitikberatkan sport tourism dan sport industry sebagai implementasi peningkatan industri tanah air.

"Kami sedang mendorong sport tourism dan sport industry untuk pengembangan industri nasional," ungkap Amali.

BACA JUGA: Kemenpora Nilai Sosialisasi UU Keolahragaan Sangat Penting untuk Kemajuan Olahraga Indonesia

Dia menjelaskan, jika dibandingkan dengan negara lain, potensi Indonesia sangat banyak, tetapi belum dikelola dengan maksimal.

"Untuk itu, kami coba mendorong olahraga untuk dapat manfaat dari segi ekonomi, yaitu turis yang datang semakin banyak," tutur Menpora Amali di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (27/5).

"Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang gigih menyelenggarakan WSL Championship Tour 2022," tambahnya.

Apa yang dilakukan Menpora Amali sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta untuk menarik kegiatan olahraga level dunia untuk diselenggarakan di Indonesia.

"Arahan Bapak Presiden Jokowi kepada saya ialah menarik sebanyak-banyaknya event dunia agar dapat dilaksanakan di Indonesia," ujarnya.

Saat ini, ada World Beach Games, FIBA World Cup, FIFA World Cup U-20, dan banyak masih banyak lagi.

Menteri dari Partai Golkar itu berharap makin banyak paket sport tourism yang dikemas dengan lebih menarik sehingga Indonesia menjadi destinasi wisatawan mancanegara.

"Saya akui, kami belum mengandalkan dan memaksimalkan sport tourism. Di Thailand, saat ini mendorong devisa untuk datang dari sport tourism. Kami masih kurang dalam menyediakan paket untuk perjalanan turis," ucap Menpora Amali.

"Semoga makin baik dan paket-paket sport tourism itu akan makin banyak diadakan dengan kemasan yang lebih menarik wisatawan asing," ungkap Amali. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua NPC Apresiasi Presiden Jokowi & Menpora Amali yang Peduli Persiapan APG XI


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler