Di Hadapan Wapres AS dan Pemimpin Negara ASEAN, Jokowi Nilai Proyek Ini Perlu Digarap Bersama

Sabtu, 14 Mei 2022 – 11:40 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti working lunch dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat (13/5). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan isu kesehatan merupakan salah satu prioritas presidensi Indonesia di G-20.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penguatan kemitraan ASEAN-AS untuk mengantisipasi pandemi yang akan datang.

BACA JUGA: Prabowo-Puan Punya Komitmen Melanjutkan Program Jokowi

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutannya pada working lunch dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat (13/5).

Menurut presiden, ada empat hal yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. “Pertama, kerja sama pembangunan sistem deteksi dini yang lebih efektif,” ucap dia.

BACA JUGA: Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa Meninggal Dunia, Luhut: Sosoknya Mirip Jokowi

Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain dalam bentuk pertukaran informasi dan penguatan kapasitas deteksi.

“Kedua, kerja sama untuk membentuk medical inventory buffer Kawasan. Solusi kesehatan tingkat kawasan penting sekali untuk diperkuat guna menangani pandemi global seperti Covid-19,” ujar presiden.

BACA JUGA: Dukung Kebijakan Pak Jokowi, Henry Indraguna Gelar Bazar Minyak Goreng Murah

Presiden menambahkan pihaknya dapat mengembangkan ASEAN Regional Reserve of Medical Supplies bersama AS, sehingga dapat menjadi inventory buffer kebutuhan kesehatan di kawasan.

“Ketiga, kemandirian industri kesehatan kawasan. AS dapat berperan penting di sini melalui dukungan investasi, kerja sama riset, transfer teknologi, dan akses ke bahan baku produksi,” jelas presiden.

Untuk hal ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu menekankan pada tujuan jangka panjangnya, yaitu mendorong keterlibatan negara ASEAN dalam rantai pasok kesehatan global.

“Keempat, pembiayaan kesehatan kawasan. Melalui ASEAN Covid-19 Response Fund. ASEAN menggalang dukungan pembiayaan penanganan Covid-19 di kawasan lewat dukungan negara sahabat,” kata Presiden Jokowi.

Di akhir sambutannya, Presiden Jokowi kembali menegaskan untuk membangun ketahanan kesehatan global. Dia menganggap perlu penguatan ketahanan nasional dan kawasan. Amerika Serikat dapat berperan banyak untuk penguatan ketahanan kesehatan baik di tingkat nasional maupun tingkat kawasan dan global.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani, sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengikuti acara di ruangan terpisah. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mudik Lebaran 2022 Berjalan Lancar, Ketum GMKI Berterima Kasih Kepada Presiden Jokowi & Kapolri


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler