Diburu, Provokator Pembakaran Kantor Bupati Mesuji

Jumat, 04 Mei 2012 – 17:14 WIB

JAKARTA – Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, mengatakan, penegakan hukum terhadap aksi rusuh dan pembakaran fasilitas negara di Kabupaten Mesuji, Lampung, Kamis (3/5) akan tetap dilakukan.

Menurutnya, aparat keamanan saat ini terus memburu siapa penyebab kerusuhan tersebut.  “Sedang dicari siapa yang jadi pelaku, dan hukum tetap ditegakkan,” kata Djoko didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi, Jumat (4/5) kepada wartawan, usai menghadap Ketua MPR Taufik Kiemas, di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Kantor Bupati dan Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji, Lampung, Kamis, 3 Mei, sekitar pukul 13.00 WIB dibakar massa. Akibatnya, dua bangunan tersebut nyaris tidak bersisa.

Pembakaran itu diduga dilakukan massa pro Ismail Ishak, sebagai buntut kekecewaan mereka terkait keputusan pencopotan Ismail Ishak dari jabatan sebagai wakil bupati Mesuji.

Diduga massa tidak terima Ismail diberhentikan dari jabatannya. Ismail telah divonis bersalah dan dipenjara selama satu tahun dalam kasus korupsi. Djoko membenarkan bahwa pengunjuk rasa adalah massa pendukung wabup yang dihukum.

“Menurut Undang-undang, aparat yang dikenai hukuman harus dicopot. Mendagri melaksanakan (pencopotan), tapi pendukung tidak puas,” kata Djoko.

Ia menyesalkan aksi pembakaran yang dilakukan. Harusnya, kata dia,  tidak boleh merusak fasilitas negara. “Yang rugikan mereka sendiri, tidak ada kaitannya,” ujar mantan Wakil Ketua Tim Sukses SBY-Boediono  itu. (boy/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Menjarah, 2 Pejabat Pemkab Morotai jadi Tersangka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler