Diet Air Putih Berbahaya Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

Rabu, 17 Januari 2018 – 02:13 WIB
Air putih. Foto: Pixabay

jpnn.com - Memiliki bentuk tubuh ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Tak sedikit orang yang melakukan diet ketat untuk bisa menurunkan berat badan.

Namun, sering kali orang salah menjalani program diet dan berujung masalah pada kesehatan.

BACA JUGA: Kenali Tanda-tanda Anda Mengalami Usus Buntu

Salah satu penyebab hal tersebut karena adanya keinginan untuk mendapatkan tubuh yang kurus secara cepat dan instan tanpa memikirkan kesehatan tubuhnya. 

Diet air putih menjadi salah satu pilihannya. Namun, perlu Anda ketahui dampak yang ditimbulkan dari diet air putih tersebut. 

BACA JUGA: Baking Soda, Bubuk Ajaib Penuh Manfaat

Seorang pria berbicara tentang pengalamannya dalam melakukan diet ekstrem dan mengatakan bahwa dia berusaha mempertahankan program diet ini selama 47 hari.

Pada hari kelima, kata Elan Kels, dia merasa "sangat bersemangat dan fokus." Tetapi pada hari ke 28, diet air putih yang dilakukannya membuat Kels tidak bisa bangun dari tempat tidur pada pagi hari.

BACA JUGA: Atasi Rambut Rontok dengan 4 Langkah Ini

"Ada banyak hal buruk tentang diet ini," kata ahli diet, Jo Travers, seperti dilansir laman Yahoo Health.

"Sebagai permulaan, tidak ada vitamin dan mineral. Kebanyakan vitamin larut dalam air dan tidak bisa disimpan, jadi Anda membutuhkannya secara teratur sepanjang hari," jelas Travers.

"Lalu tidak ada protein, yang berarti tubuh harus memecah otot agar bisa mendaur ulang asam amino menjadi hormon dan enzim agar tetap hidup. Anda pada dasarnya kelaparan sendiri dan itu datang dengan risiko kesehatan yang besar," tambah Travers. 

Para ahli menyebut diet baru ini sebagai suatu bentuk makan yang tidak teratur, dengan pekerja sosial klinis Joanne Labiner mengatakan bahwa diet ini bisa sangat buruk bagi organ tubuh Anda. Itulah mengapa orang dengan anoreksia bisa mati karena serangan jantung.

Masalah dengan diet ini adalah pemikiran, 'Jika sedikit baik, banyak lebih baik.' Jika Anda menjalani diet di mana Anda hanya minum air dan tidak mengonsumsi apapun, Anda bisa memiliki masalah nyata yang mengekskresikan semua air yang Anda konsumsi. 

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, National Health Service di Inggris merekomendasikan kehilangan tidak lebih dari 1 kg dalam seminggu.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini 5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler