Digarap KPK Tujuh Jam, Mentan Masih Umbar Senyuman

Senin, 18 Februari 2013 – 20:43 WIB
JAKARTA -- Kurang lebih tujuh jam Menteri Pertanian Suswono menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (18/2).

Suswono yang diperiksa sebagai saksi untuk tersangka bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq dalam kasus dugaan korupsi pengurusan kuota impor sapi itu, percaya KPK bekerja profesional.

Ia mengaku sudah menyampaikan dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh penyidik lembaga antikorupsi itu.

"Jadi, saya percaya betul bahwa KPK bekerja secara profesional," ujar Suswono kepada wartawan begitu keluar dari gedung KPK.

Kader PKS yang mengenakan batik lengan panjang cokelat dan celana panjang kain hitam itu terlihat tenang dikerumuni awak media yang sudah menunggunya sejak siang.

Dengan mengumbar senyuman, Suswono menyempatkan diri menjawab pertanyaan para awak media.

"Sebagaimana tadi saya datang saya dipanggil sebagai saksi. Dan tentu saja, sebagai saksi saya sampaikan apa adanya," paparnya.

Dia juga menegaskan tidak terkait dalam kasus ini. Mantan anggota DPR itu pun menyatakan dirinya tak ada kaitannya dengan empat orang yang sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka. "Sebagaimana saya sudah saya nyatakan saya tidak ada terkait dalam kasus ini, dan tidak terkait dengan empat tersangka ini,"  ungkap Suswono.

"Saya memberikan keterangan apa adanya, posisi saya sebagai saksi," pungkas Suswono.

Seperti diberitakan, KPK baru menetapkan empat tersangka dalam kasus ini. Yakni, Luthfi, Ahmad Fatanah orang dekat Luthfi, serta dua Direktur PT Indoguna Utama Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. KPK juga sudah menggarap sejumlah saksi dari swasta hingga anak buah Suswono di Kementerian Pertanian. (boy/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Kementerian Siap Pangkas Eselon I

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler