Digelar 3 Hari, Pagelaran Sabang Merauke Libatkan Ratusan Seniman

Jumat, 03 Juni 2022 – 20:31 WIB
Para penampil Pagelaran Sabang Merauke - Premiere with Live Performance bersama jajaran tim iForte. Foto: dok. iForte

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan seniman tanah air dilibatkan dalam pementasan seni pertunjukan bertajuk 'Pagelaran Sabang Merauke-Premiere with Live Performance.

Pementasan ini diselenggarakan selama tiga hari, pada 3 sampai 5 Juni 2022 di Djakarta Theater, Jakarat Pusat.

BACA JUGA: Kikan Hingga Mirabeth Kompak Latihan Bareng Jelang Pergelaran Sabang-Merauke,

CEO Protelindo Group Aming Santoso mengatakan pementasan itu sejalan dengan suasana dan semangat peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni.

"Kami beraharap dapat turut memberikan sumbangsih dalam melestarikan serta mengenalkan kekayaan seni budaya bangsa kepada masyarakat," kata Aming Santoso, Kamis (2/6).

BACA JUGA: Musik Jadi Bagian dari Perayaan HUT Bhayangkara, Begini Alasan Kapolri

Pementasan ini merupakan rangkaian dan kelanjutan acara dari serupa yang lebih dulu diselenggarakan di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2022.

Sebanyak lima penyanyi nasional, 46 musikus tradisional dan modern, serta 135 penari profesional menyajikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional yang dirangkai secara harmonis. 

BACA JUGA: 3 Berita Artis Terheboh: Rima Melati Masih di ICU, Denny Dituding Bikin Celaka

Aksi para penampil berpadu lewat harmonisasi antara musik etnik, lagu daerah, hingga tari-tarian tradisional yang lengkap dengan busana adatnya.

"Pagelaran ini adalah sebuah karya kolaboratif dari para seniman hebat Indonesia dari berbagai elemen mulai dari penyanyi, pemusik, penari, dan sebagainya," ujar Rusmedi Agus, Sutradara Pagelaran Sabang Merauke.

Rusmedi menjelaskan di lini koreografi, sejumlah sosok penata tari tradisional dan modern yang terlibat antara lain Sandidhea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir, dan Rizky Dafin.

Sementara itu, eks vokalis Cokelat Kikan Namara didapuk sebagai music director sekaligus lead vocal bersama para penyanyi ternama lainnya seperti Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan. 

Nuansa etnik kedaerahan juga akan terasa makin kental berkat Kidung & team di bagian penata musik tradisional serta dukungan dari Ava Victoria & Team Orchestra.

 

Mengemban tugas ganda, Kikan Namara mengaku termotivasi untuk menampilkan karya terbaiknya di Pagelaran Sabang – Merauke.

Penyanyi bersuara indah ini bersama rekan-rekannya membawakan rangkaian lagu daerah mulai dari Bungong Jeumpa dari Aceh hingga Yamko Rambe Yamko dari Papua.

Vice President Director Marketing & Sales iForte Silvi Liswanda menambahkan pengunjung juga bisa menyelami bermacam keindahan budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan. 

Bertambah meriah karena ada festival UKM untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa.

Festival ini juga melibatkan berbagai UKM #banggalokal binaan BCA serta UKM yang mewakili program iFortepreneur, program Digital Business Plan Competititon.

"Kita semua memiliki semangat yang sama, untuk menyebarkan semangat dan cinta budaya tanah air, terutama generasi muda sebagai harapan penerus bangsa agar lebih mencintai dan bangga akan kekayaan budaya Indonesia,” ujar Silvi.

Tidak hanya bisa dinikmati secara live di Djakarta Theater, Pagelaran Sabang-Merauke juga bisa disaksikan melalui akun iForte Solusi Infotek di YouTube mulai Senin (6/6). (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler