Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 Segera Digelar, Ini Targetnya

Senin, 21 Maret 2022 – 21:28 WIB
Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 segera digelar. Foto: Kadin Indonesia

jpnn.com, SURAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Yayasan Internet Indonesia menyelenggarakan acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022.

Acara yang mengangkat tema 'Akselerasi Ekonomi dari Kota Hingga Kampung dan Desa Melalui Digitalisasi' ini hasil kerja sama dengan Pemkot Surakarta dan kementerian terkait. 

BACA JUGA: Kemnaker dan Kadin Siap Berkolaborasi Menyukseskan Perhelatan G20

Digitalisasi Nusantara Expo & Summit akan berlangsung di Gedung Edutorium UMS, Surakarta, Jawa Tengah, mulai 29 hingga 31 Maret 2022.

Wakil Ketua Umum Bidang Teknologi dan Informasi KADIN Indonesia Firlie H Ganindito mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang digitalisasi antara narasumber, kepala daerah, pelaku usaha, hingga masyarakat.

BACA JUGA: Sekjen Kemnaker: Digitalisasi Akan Tingkatkan Tumbuhnya Ekonomi di Perdesaan

Selain itu merangsang pertumbuhan ekosistem digital di seluruh Indonesia dengan bekerja sama dengan perusahaan berbasis teknologi informasi.

"Kami berharap dapat menjadi media untuk pemerataan digitalisasi di seluruh daerah melalui forum diskusi antar seluruh pemangku kepentingan," kata Firlie, dalam keterangan tertulis, Senin (21/3).

BACA JUGA: Sektor Logistik dari E-Commerce Terus Bertumbuh, Digitalisasi UMKM Sangat Penting

Di samping itu, kata dia, dapat menjadi medium untuk berbagi ide maupun gagasan baru, menentukan dan mengusulkan solusi untuk perencanaan, penerapan, dan pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan digitalisasi di Indonesia.

"Tentunya mempertimbangkan kemajuan teknologi dan inovasi terbaru yang dapat diterima dan diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat,” ujar Firlie.

Chairman Yayasan Internet Indonesia Jamalul Izza menambahkan digitalisasi berdampak luas pada kehidupan masyarakat di seluruh aspek kehidupan.

Namun, hingga saat ini masih terdapat kesenjangan transformasi digital di masyarakat perkotaan dan pedesaan.

"Kami berharap agar terselenggaranya event ini dapat mengurangi kesenjangan tersebut, dengan berbagai perencanaan dan solusi terbaik," tutur Jamal.

Acara ini mengusung tiga konsep activity yaitu Expo yang memamerkan berbagai produk unggulan berupa barang dan jasa dari masing-masing peserta.

Summit menjadi forum diskusi narasumber mulai dari pemerintah, pakar, akademisi, dan pengusaha untuk berdiskusi ide dan solusi inovatif dengan pengunjung terkait berbagai topik seputar dunia digital.

Lalu, Workshop yang merupakan kelas pelatihan e-commerce UMKM, pariwisata, startup, dan lainnya dengan tema Digitalisasi Administrasi Daerah.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022.

Kemendagri segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surakarta, KADIN Indonesia, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, dan Badan Siber dan Sandi Negara. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler