Dihadang, Aksi Menuntut Janji Zikir Batal

Selasa, 21 Mei 2013 – 08:07 WIB
BANDA ACEH - Aksi ribuan massa yang tergabung dalam Forum Aneuk Nanggroe Peduli Aceh Damai, untuk menuntut 21 janji pasangan Zikir (Zaini Abdullah-Muzakir Manaf) yang seyogyanya dilaksanakan, Senin (20/5), gagal dilaksanakan. Aksi tersebut akan diundurkan hingga dua minggu ke depan guna persiapan aksi lebih matang.

“Kami mengalah untuk menang karena informasi yang kami peroleh ada pihak yang sengaja menggagalkan aksi ini,” ujar Asnawi Ilyas, Koordinator Forum, di Banda Aceh kepada wartawan, Senin (20/5).

Keputusan menunda aksi menuntut hak dari Pemerintah Aceh ini, kata Asnawi, dilakukan sesuai dengan hasil rapat mendadak yang digelar oleh peserta aksi di Taman Ratu Safiatuddin, kemarin.

Asnawi menjelaskan, penundaan dilakukan karena pertimbangan kondisi peserta aksi yang ingin menuju ke Banda Aceh sebagian besar dihalangi oleh pihak tertentu.

“Masyarakat dari beberapa Kabupaten/Kota yang  ingin bergabung dihalangi dan diprovokasi oleh pihak tertentu yang tidak ingin aksi ini dilakukan. Karena alasan itu, maka kami menunda aksi damai ini dan menunggu waktu yang tepat,” terang Asnawi.

Lebih lanjut Asnawi mengutarakan, aksi tersebut dijadwalkan akan ditunda hingga dua minggu kedepan.

Terkait dengan massa dari daerah yang sudah berada di Banda Aceh, Asnawi mengatakan, akan tetap bertahan hingga aksi dilakukan nanti. “Massa yang sudah ada akan tetap bertahan disini. Terkait dengan logistik kami akan patungan secara pribadi,” ungkapnya.

Amatan wartawan kemarin, sejumlah aparat kepolisian terlihat siaga di Gedung DPRA dan kantor Gubernur Aceh untuk melakukan pengamanan aksi menuntut janji pasangan ‘Zikir’ semasa kampanye. Namun, hingga siang peserta aksi belum menunjukkan pergerakan.  Peserta aksi dari Forum Aneuk Nanggroe Peduli Damai hanya terlihat berkumpul di area Taman Ratu Safiatuddin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Forum Aneuk Nanggroe Peduli Aceh Damai akan melakukan aksi di sejumlah kantor pemerintahan untuk menuntut 21 janji pasangan Zikir semasa kampanye.

Ke-21 janji pasangan Zikir  yang belum terealisasi tersebut di antaranya belum tuntasnya MoU Helsniky Poin 3.2.5 yakni Pemerintah RI akan mengalokasikan lahan pertanian dan lahan yang memadai kepada Pemerintah Aceh dengan tujuan untuk memperlancar reintegritas mantan kombatan GAM ke dalam masyarakat dan kompensasi bagi tahanan politik dan kalangan sipil yang terkena dampak konflik.(msr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Enggan Sekolah, Siswi Gantung Diri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler