Dihantui Kecemasan, Bisa jadi Anda Kena Anemia

Jumat, 14 Agustus 2015 – 09:06 WIB
Selalu Merasa Cemas, Bisa jadi Anda Kena Anemia. Foto: Ist

jpnn.com - SESEORANG disebut anemia bila ia memiliki jumlah darah rendah. Untuk tepatnya, tanda-tanda anemia terlihat pada orang yang memiliki jumlah darah yang rendah, terutama dari komponen yang disebut hemoglobin. Hal ini bisa terjadi karena sejumlah alasan.

Gejala anemia bisa menampakkan diri karena kekurangan nutrisi, stres, faktor keturunan atau gangguan lainnya. Penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda anemia untuk segera menyelidiki penyebabnya.

BACA JUGA: 9 Khasiat Hebat Minum Susu Dicampur Kunyit

Berikut tanda-tanda yang paling jelas yang menunjukkan bahwa Anda mengalami anemia:

1. Kelelahan

BACA JUGA: Kenali Gejala Kekurangan Vitamin D

Kelelahan biasanya tanda pertama dari anemia, tapi itu bukan hanya perasaan lesu yang Anda dapatkan dari olahraga atau stres.

"Kelelahan ini sangat berbeda,'" kata seorang dokter integratif , Dr. Dana Cohen, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (13/8).

BACA JUGA: Sttt...Ini Posisi Oral Seks Terbaik

2. Pucat

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda mengalami anemia adalah dengan melihat selaput lendir mata, juga biasa disebut sebagai garis air di atas bulu mata bawah Anda. Ini adalah wilayah vaskular jadi jika itu pucat, itu pertanda bahwa Anda tidak mendapatkan cukup sel darah merah ke area lain dari tubuh Anda baik.

"Wajah Anda, telapak tangan dan di bawah tempat tidur kuku Anda juga mungkin terlihat pucat," kata Dr Jack Jacoub, seorang ahli onkologi medis dan ahli hematologi di MemorialCare Cancer Institute di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California.

3. Sesak napas

Jika Anda merasa seperti Anda tidak bernapas terutama saat berolahraga, saat mendaki tangga atau ketika Anda mengangkat sesuatu, itu pertanda bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Begitu juga jika Anda tiba-tiba merasa pusing saat berdiri.

4. Jantung berdebar-debar

Jika jantung Anda berdebar-debar terus maka Anda mengalami palpitasi atau mendengar suara mendesing di telinga Anda ketika Anda berbaring, itu bisa berarti bahwa jantung Anda overdrive.

"Jantung Anda memompa lebih cepat untuk mencoba untuk mendapatkan lebih banyak oksigen," kata Cohen.

5. Kecemasan

Jantung berdebar bisa membuat orang merasa cemas yang bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami anemia.

6. Mati rasa

"Karena tubuh Anda akan menarik darah untuk memberi makan tempat-tempat tertentu pada tubuh Anda, maka Anda mungkin memiliki perasaan mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki atau Anda mungkin merasa dingin sepanjang waktu," kata Cohen.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Pentingnya Anda Harus Mempelajari CPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler