Dikunjungi Presiden Jokowi, Startup Ini Beri Solusi Terhadap Isu Ketahanan Pangan

Kamis, 29 September 2022 – 10:05 WIB
Presiden Jokowi saat mengunjungi booth Chickin di acara BUMN Startup Day yang berlangsung di ICE BSD Kompleks Bumi Serpong Damai, Tangerang, Senin (26/9). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, TANGERANG - Kebanggaan dirasakan CEO Chickin Tubagus Syailendra, startup jebolan Kompetisi Ide Bisnis Mahasiswa Pertamuda (Pertamina Muda) 2021 saat booth-nya dikunjungi Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Kegitan tersebut dilakukan Presiden Jokowi seusai membuka acara BUMN Startup Day di ICE BSD didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Kompleks Bumi Serpong Damai, Tangerang, Senin (26/9).

BACA JUGA: Perubahan Jajaran Direksi Subholding Upstream Pertamina untuk Terus Pacu Kinerja Unggul

“Kami sangat antusias bahwa Pak Jokowi memberikan perhatian terhadap isu ketahanan pangan," kata Tubagus.

Dia berharap pemerintah bisa berkolaborasi dalam menjaga harga pasar agar tetap stabil melalui rekomendasi data input yang pihaknya dapatkan di lapangan untuk pengambilan kebijakan.

BACA JUGA: Pertamina Jamin Kualitas Pertalite Sesuai Aturan Pemerintah

"Sehingga supply and demand nasional lebih terukur dan terjaga dari fluktuasi yang terjadi,” ungkap Tubagus

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi atau kerap disapa Tyo menyampaikan Chickin merupakan startup yang dibina oleh Pertamina di bidang solusi teknologi peternakan ayam berbasis internet of thing (IoT).

Chickin Indonesia bergerak sebagai perusahaan teknologi peternakan dan distribusi daging yang memiliki 2 produk unggulan.

Dua produk unggulan Chickin Indonesia, yaitu chickin Smaft Farm, dan Chickin Fresh dengan menggunakan software as service (SaaS) dan hardware untuk mengontrol cuaca, dan energy meter yang dapat meningkatkan produktifitas penghasilan peternak hingga efisiensi budidaya.

“Melalui teknologi ini diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi sehingga pemenuhan pasokan daging ayam menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan,” ujar Tyo.

PT Pertamina (persero) mengusung lima startup jebolan Pertamuda 2021 di ajang BUMN Startup Day.

Selain Chickin, empat tim startup yang lain, seperti Tekpang, Analitica, Biojel dan Pottani juga hadir.

Bahkan beberapa di antaranya mendapatkan peluang kerja sama dari BUMN lain.

Tekpang misalnya, yang merintis bisnis startup-nya di bidang pupuk nitrat yang ramah lingkungan berhasil menarik perhatian dan mendapatkan peluang kerja sama dari PT Pupuk Indonesia, dan PT Perkebunan Nasional

Sementara Analitica, yang merupakan gabungan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang bergerak di bidang bisnis rintisan berupa platform edukasi dan tryout online yang dirancang khusus untuk persiapan ujian mendapatkan peluang kerja sama dengan Telkomsel

Startup Pottani merupakan platform startup digital transformasi pada sektor budidaya agrokomplek di Indonesia.

Sementara itu, Biojel merintis bisnis di bidang pengelolaan larva dan minyak Jelantah sebagai alternatif energi terbarukan ini membawa maggot atau larva hidup.

Pertamina mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s dan ESG) khusus di poin 4, yakni pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia, dan poin 8 dalam menciptakan lapangan dan kesempatan kerja, dan berdampak signifikan bagi upaya mengentaskan kemiskinan.

“Kita akan terus mendukung tumbuhnya startup yang berpotensi besar menghidupkan roda perekonomian nasional yang berkelanjutan,” pungkas Tyo. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler