Dilantik Jadi Direktur ATVI-IMDE, Totok Amin Soefijanto: Potensi untuk Berkembang Sangat Besar

Senin, 15 Juli 2024 – 19:22 WIB
Ir. Totok Amin Soefijanto, M.A,Ed.D seusai dilantik menjadi Direktur baru ATVI-IMDE di Kampus baru ATVI-IMDE, Kompeks Emtek City, Senin (15/07/2024). Foto: Humas ATVI

jpnn.com, JAKARTA - Akademi Televisi Indonesia (ATVI) yang sebentar lagi bertransformasi menjadi Institut Media Digital Emtek (IMDE) memiliki potensi sangat besar untuk berkembang lebih cepat mengingat dukungan luar biasa dari EMTEK Group.

“Dampak perkembangan digital yang amat cepat membuat lingkungan sekitar kita berubah. Kita pun harus berubah menyesuaikan perkembangan. Setelah berdiri, mulai berjalan dan segera kita lari kencang," ujar Ir.Totok Amin Soefijanto, M.A,Ed.D saat memberikan sambutan seusai dilantik menjadi Direktur baru ATVI-IMDE di Kampus baru ATVI-IMDE, Kompeks Emtek City, Senin (15/7/2024).

BACA JUGA: ATVI Akan Bertransformasi Jadi IMDE, Bikin Terobosan, Lihat Aksinya di Acara CFD

Menurut Totok, sejak awal Juli berkantor di ATVI-MDE, dirinya banyak belajar mengenai lingkungan kampus, dosen, tenaga kependidikan, dan kebiasaan atau etos kerja.

Dia berdiskusi dan berpikir jauh ke depan seperti ajakan Ketua Yayasan Indosiar, Ibu Suryani Zaini untuk lari kencang.

BACA JUGA: Dosen ATVI Suradi Berikan Pelatihan Jurnalistik di SMA Plus PGRI Cibinong

“Saya yakin dalam dua bulan ke depan, setelah konsolidasi, kita bisa memenuhi permintaan Ibu Suryani untuk lari kencang,” ujarnya.

Totok dalam sambutannya mengutip pernyataan Presiden ke-3 Amerika Serikat Thomas Jefferson (1743-1826) bahwa sebuah demokrasi akan menjadi kuat, apabila didukung masyarakat yang sangat berpendidikan.

Jadi, pendidikan itu memang sangat penting.Karena itu dia berjanji membangun organisasi pembelajar atau learning organization di lingkungan ATVI-IMDE.

“Jadi, akan ada hari atau minggu belajar tentang hal-hal baru dan katual yang berkembang,” ujar Totok.

Di samping menekankan pentingnya pendidikan, Totok menyatakan pihaknya akan menjadikan kehidupan kampus yang bebas dari perilaku yang tidak patut, terutama dalam hal korupsi, kekerasan seksual, dan pelanggaran etika lainnya.

Tiga Hal Penting

Ketua Yayasan Indosiar Suryani Zaini mengatakan ketika dirinya menandatangani SK Direktur ATVI-IMDE yang baru, ada tiga hal yang perlu segera dilakukan.

Pertama, peningkatan SDM. Kedua, peningkatan kurikulum. Ketiga, pertumbuhan ATVI-IMDE.

“Sekaligus mengingatkan pesan pendiri EMTEK agar nantinya ATVI-IMDE bertransformasi menjadi universitas,” ujarnya.

Terkait pesan pendiri EMTEK tersebut, Suryani Zaini mengingatkan perlunya jajaran ATVI-IMDE berpikir besar untuk menggapai tujuan-tujuan besar ke depan dalam bidang pendidikan.

“Ibarat seorang ibu melahirkan anak, mengasuh/merawat pasti dia masa-masa sulit, tetapi setelah itu harus kerja keras untuk meraih tujuan besar,” ucap Suryani.

Suryani mengulang lagi kutipan pejuang Tan Malaka, seperti saat memberikan sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan kampus ATVI-IMDE, 8 Agustus 2022  bahwa pendidikan itu sangat penting dan dengan pendidikan menjadikan rakyat dan bangsa Indonesia maju.

“Hanya melalui pendidikan, kecerdasan itu diasah, kemampuan orang ditingkatkan, dan perasaan orang dihaluskan. Jadi, kita bisa membuktikan sebagai pendidik, penjaga norma dan moral, serta ahlak mulia,” paparnya.

Terkait sosok Direktur ATVI-IMDE Totok Amin Soefijanto, Ketua Yayasan Indosiar Suryani Zaini mengungkapkan figur Totok sudah sangat dikenal dalam dunia pendidikan tinggi, berpengalaman, punya jaringan yang kuat baik di birokrasi maupun lembaga swasta, serta memiliki kemampuan dan visi jauh ke depan.

“Leader seperti Pak Totok kita butuhkan untuk mencapai cita-cita besar kita,” katanya.

Acara pelantikan Direktur ATVI-IMDE ini dihadiri jajaran pimpinan ATVI-IMDE, dosen, para pemimpin redaksi media jaringan EMTEK dan undangan lainnya.

Dalam acara ini juga diperkenalkan satu-persatu unsur pimpinan ATVI-IMDE, dosen dan juga tenaga kependidikan.

Seperempat Abad

Seperti diketahui, ATVI telah berdiri sejak 25 tahun silam dengan nama sebelumnya bernama Akademi Teknologi Komunikasi dan Informas (ATKI).

Pada tahun 2024 ini, ATVI bertransformasi menjadi Institut Media Digital Emtek (IMDE). Ini merupakan langkah strategis kami untuk menjawab kebutuhan industri media yang terus berkembang.

Untuk menjawab tantangan industri 25 tahun mendatang, sebagai Kampusnya Emtek Group, IMDE menyiapkan kader pemimpin masa depan dengan membuka tiga program studi S1 baru:

* S1 Bisnis Digital

* S1 Kajian Film, Televisi dan Media

* S1 Seni Pertunjukan

Kehadiran program studi baru ini diharapkan dapat melahirkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki wawasan bisnis dan kemampuan berpikir kritis di bidang media dengan menjunjung tinggi etika profesional.

Komitmen IMDE untuk melahirkan insan media unggul semakin diperkuat dengan lokasinya yang strategis di Indosiar dan SCTV Tower serta Sentul.

Fasilitas belajar yang mumpuni dan didukung oleh tim pengajar yang terdiri dari akademisi dan praktisi profesional, menjadi landasan kuat konsep Edutainment (Education and Entertainment) yang diusung oleh IMDE.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler