Dilarang Menonton Meriam Karbit di Atas Jembatan

Minggu, 19 Agustus 2012 – 02:44 WIB
PONTIANAK - Kasat Lantas Polresta Pontianak, Komisaris Boy Samola meminta, agar pengguna jalan yang melintas di Jembatan Kapuas tidak menonton permainan meriam karbit di malam Idulfitri nanti. Karena dapat menghambat arus lalulintas di areal setempat, dan beberapa ruas jalan di Kota Pontianak.
 
"Di malam lebaran nanti, diprediksikan banyak kendaraan roda dua dan roda empat tumpah ruah di jalan. Untuk itu, kita telah mempersiapkan segala bentuk pengamanan demi mengayom pengguna jalan agar tertib pada kendaraannya," ujar Boy.
 
Pusat arus lalulintas itu, kata dia, pada persimpangan traffic light, tepatnya di pertigaan jalan. Jika dari arah Kota Pontianak, Jalan Tanjungpura, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Veteran. Semua kendaraan tersebut akan menuju Jembatan Penyeberangan Kapuas.
 
"Belajar dari pengalaman tahun lalu, bahwa menumpuknya kendaraan di wilayah setempat membuat tersendatnya arus lalulintas. Karena, warga pontianak berbondong-bondong untuk menonton festival meriam karbit di pinggiran Sungai Kapuas," paparnya.
 
Boy mengaku, demi menangkal kemacetan yang terjadi, personil akan disiagakan untuk berdiri di sepanjang Jembatan Kapuas. Jika ada pengguna jalan yang memberhentikan kendaraannya di sana hanya untuk menonton meriam karbit, akan ditegur. Jika masih ada yang tidak mengindahkan,  sanksi tilang diberikan.
 
Tindakan itu dilakukan, agar kepentingan bersama dapat terwujud dengan baik. Sehingga, pengguna jalan lain yang mempunyai keperluan masing-masing tidak terganggu saat di jalan. Jadi, imbau Boy, yang hendak menonton kemeriahan festival meriam karbit nanti malam, pergilah ke tempat yang telah disediakan.
 
"Jangan menonton di jalan raya, apalagi di atas jembatan penyeberangan. Selain menimbulkan kemacetan, perbuatan itu juga dapat mengancam keselamatan pengguna jalan lain. Seperti halnya tabrakan yang berakibat fatal pada jiwa seseorang. Untuk mencegah itu semua, mari kita patuhi peraturan lalulintas,"pungkasnya.
 
Ditemui terpisah, Kepala UPTD Perparkiran Dishubkominfo Kota Pontianak, Rahmat Suprayetno mengatakan, terkait dengan perparkiran tidak diperbolehkan parkir diatas jembatan tol kapuas ataupun akses turun naik jembatan tersebut.

"Parkir diatas jembatan ataupun akses naik turun jembatan tol kapuas I tidak dibenarkan karena akses ditempat tersebut tidak ada izin parkir," ungkapnya.

Menurutnya, untuk kepentingan lalu lintas sebaiknya warga yang ingin menyaksikan festival meriam karbit dapat memarkirkan kendaraan di akses-akses jalan gang yang dikelola oleh warga setempat. "Ini demi kepentingan bersama dan kemanan pengendara itu sendiri maka yang ingin menyaksikan sebaiknya melalui akses gang-gang yang ada," katanya. (rmn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lebaran, SPBU tetap Buka

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler