Diperiksa BK, Komisi III DPR Nyatakan Hanya Jalankan Tugas

Selasa, 10 Juli 2012 – 19:36 WIB

JAKARTA -- Badan Kehormatan DPR memeriksa pimpinan dan anggota Komisi III DPR, Selasa (10/7) siang. Pemeriksaan itu terkait laporan tiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Koalisi Pemantau Peradilan (KPP), Selasa (12/6) lalu.

"Ya, terkait dengan pengaduan koalisi pemantau peradilan yang memersoalkan Komisi III yang diduga melakukan intervensi hukum. Kami mencari keterangan dan klarifikasi," kata Ketua BK DPR, Muhammad Prakosa, Selasa (10/7), kepada wartawan.

Dijelaskan Prakosa yang dipanggil BK adalah Wakil Ketua Komisi III Nasir Djamil dan Aziz Syamsudin, serta Anggota Komisi III DPR, Ahmad Yani, Syarifudin Suding dan Aboebakar Alhabsy. Namun, yang datang hanya Ahmad Yani, Nasir Djamil dan Syarifudin Suding. "Sedangkan yang lainnya berhalangan karena sedang di luar negeri," beber dia.

Seperti diberitakan, KKP melapor ke BK karena menilai kalangan anggota Komisi III DPR telah mengintervensi proses hukum dengan cara meminta Mahkamah Agung (MA) mencabut SK Nomor 064/KMA/SK/V/2012 tertanggal 16 Mei 2012 tentang pemindahan sidang Walikota Semarang non-aktif Soemarmo Hadi Saputro, dari Kota Semarang ke Jakarta.

"Permintaan anggota Komisi III DPR agar Mahkamah Agung (MA) mencabut SK pemindahan sidang dugaan korupsi Walikota Semarang non-aktif Soemarmo dan Ketua DPRD Jateng Murdoko dari Pengadilan Tipikor Semarang ke Jakarta diduga kuat merupakan bentuk intervensi terhadap peradilan dan pelanggaran kode etik," kata anggota KPP dari Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa  (12/6) lalu.

Menurut Prakosa, kesimpulan tim Komisi III bahwa mereka telah melakukan tugasnya dalam rangka pengawasan dan sesuai mekanisme dengan yang diatur Undang-undang nomor 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), tata tertib DPR.

"Tugas pengawasan itu adalah dalam rangka konfirmasi dan klarifikasi pengaduan dari pengacara Hotma Sitompul dengan pemindahan sidang Walikota Semarang," kata politisi PDI Perjuangan itu.  (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 1058 Relawan JPRR Pantau Pemungutan Suara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler