Diperiksa KPK Lagi, Anas Senang Hati

Rabu, 04 Juli 2012 – 01:10 WIB

JAKARTA - Hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan atas Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, terkait penyelidikan dugaan korupsi proyek sport center Hambalang. Anas pun mengaku siap menghadapi pemeriksaan di KPK.

Anas justru melihat itikad baik dari KPK untuk menuntaskan penyelidikan dugaan korupsi proyek di Kemenpora itu. "Artinya keterangan dan klarifikasi saya masih dibutuhkan, Dengan senang hati saya akan hadapi," kata Anas saat ditemui usai pertemuan antara Partai Demokrat dengan delegasi Partai UMNO di sebuah hotel di Jakarta, Selasa (3/7) sore.

Mantan Ketua Fraksi Demokrat di DPR itu justru mengaku ingin membantu KPK. "Untuk  melihat dan memotret kasus ini dengn jernih, obyektif dan sebenarnya," ucapnya.

Ditegaskannya, persoalan Hambalang harus dilihat dari sudut pandang hukum. Anas tak mau jika persoalan Hambalang justru dilihat dari perspektif politik. "Karena nanti akan banyak spekulasi, rumor dan fitnah. Jadi selesaikan saja secara hukum," ucapnya.

Terpisah Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan, pemeriksaan terhadap Anas hari ini karena KPK masih membutuhkan keterangan dari sejumlah pihak untuk memutuskan status Hambalang. "Dalam sepekan ini KPK masih butuh mendalami penyelidikan Hambalang dengan meminta keterangan sejumlah pihak, termasuk Saudara Anas," kata Johan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengungkapkan bahwa pihaknya telah menemukan adanya perbuatan melawan hukum dalam kasus Hambalang. Namun menurut Bambang, KPK masih melakukan pendalaman untuk mencari keterkaitannya dengan kasus korupsi.

Bagi Anas, pemeriksaan hari ini bukan yang pertama kali. Rabu (27/6) pekan lalu, Anas juga sudah menjalani pemeriksaan. Istri Anas juga pernah diperiksa KPK dalam kasus Hambalang.

Sejumlah nama beken juga sudah diperiksa seperti mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joyo Winoto, anggota DPR RI Ignatius Moelyono, serta mantan Bendahara Umum PD, M Nazaruddin. (ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Upaya Pemulangan Djoko Tjandra Bakal Lama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler