Dirikan Pabrik Perakitan di Jawa Barat, Mazda Siap Produksi SUV di Indonesia

Kamis, 14 Maret 2024 – 00:08 WIB
Mazda Indonesia di bawah naungan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) akhirnya mengumumkan membangun pabrik perakitan di Indonesia. ilustrasi. Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - Mazda Indonesia di bawah naungan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) akhirnya mengumumkan membangun pabrik perakitan di Indonesia.

Pembangunan fasilitas itu menandakan babak baru dalam kemitraan antara Mazda Motor Corporation (MC) dan PT EMI.

BACA JUGA: Mazda CX-3 2024 Meluncur di Jakarta, Sebegini Harganya

Kolaborasi itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi industri otomotif dan perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut, pembangunan fasilitas ini juga mencerminkan komitmen kedua perusahaan (MC dan PT EMI) untuk terus berkembang dan berinovasi di dalam negeri.

BACA JUGA: Beli Kaus Garasi Drift Berkesempatan Dapat Mazda RX8 Modifikasi

Pusat Perakitan Mazda di Indonesia rencananya berlokasi di Jawa Barat.

PT EMI memperkirakan akan memproduksi segmen compact crossover di pabrik barunya itu, mengingat kategori tersebut paling banyak digemari konsumen Indonesia.

BACA JUGA: Mazda CX-60 Mild Hybrid Resmi Mengaspal, Para Sultan Silakan Merapat

Presiden Direktur Mazda Indonesia, Ricky Thio mengataka pihaknya merasa terhormat karena telah diberikan kepercayaan oleh Mazda Motor Corporation, untuk membangun Pusat Perakitan di Indonesia.

Pembangunan fasilitas itu akan menjadi tonggak sejarah bagi Mazda dalam memenuhi permintaan pelanggan di Indonesia, dengan lebih efisien dan efektif.

"Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia, agar hadir dengan kualitas yang setara dengan kendaraan yang dirakit sepenuhnya di Jepang (Completely Built Up),” kata Ricky Thio dalam siaran persnya, Rabu (13/3).

Latar belakang didirikannya Pusat Perakitan Mazda di Indonesia didasari oleh pemahaman MC yang cermat dan strategis terhadap besarnya potensi pasar otomotif Indonesia.

Selain itu, dukungan investasi dari PT EMI yang diperkirakan mengalokasikan sekitar Rp 400 miliar itu untuk persiapan proyek secara keseluruhan, juga menandai tekad perusahaan untuk menjadi perpanjangan tangan MC yang andal.

Terutama dalam upaya PT EMI untuk menjadi pemain kunci dalam menggerakkan pertumbuhan industri otomotif dan perekonomian di Indonesia.

“Kami memprioritaskan kontribusi kami pada pemberdayaan masyarakat lokal, terutama mereka yang berada di wilayah Jawa Barat. Dengan demikian, kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk membantu masyarakat berkembang," pungkas Ricky Thio. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mazda2 Hatchback dan CX-5 Tampil Lebih Segar, Cek Promonya di Sini


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler