Dirjen Bina Pemdes: LMS Pamong Desa Perkuat Kapasitas Aparatur Desa secara Digital

Selasa, 15 Oktober 2024 – 20:21 WIB
Dirjen Bina Pemdes La Ode Ahmad pada Rakornas Pemantapan Implementasi dan Keberlanjutan Learning Management System (LMS) Pamong Desa, di Jakarta, Selasa, (15/10). Foto: Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) La Ode Ahmad P Bolombo mengungkapkan Learning Management System (LMS) Pamong Desa hadir untuk memperkuat program peningkatan kapasitas aparatur desa dan kelembagaan desa di 75.265 desa secara digital.

"LMS Pamong Desa ini merupakan upaya inovasi dari Ditjen Bina Pemdes untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa secara digital. Dengan LMS Pamong Desa, para aparatur desa bisa belajar dari mana saja sepanjang terhubung dengan internet. Ini adalah platform digital interaktif yang memungkinkan mereka mengakses materi pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan literasi digital mereka," ujar Dirjen Bina Pemdes La Ode Ahmad pada Rapat Koordinasi Nasional Pemantapan Implementasi dan Keberlanjutan Learning Management System (LMS) Pamong Desa, Selasa, (15/10) di Hotel Sultan, Jakarta.

BACA JUGA: Ditjen Bina Pemdes & BPJS Ketenagakerjaan Fasilitasi Perlindungan Sosial Kelembagaan Desa

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri menyatakan bahwa pembelajaran klasikal atau tatap muka selama ini belum mampu menjangkau seluruh desa di Indonesia yang berjumlah 75.265 desa.

Dengan metode konvensional, waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melatih pamong desa sangat besar.

BACA JUGA: Dirjen Bina Pemdes Kemendagri: Desa Bukan Kasta Terendah dalam Pemerintah!

LMS Pamong Desa hadir sebagai solusi yang menjangkau semua desa tanpa terkendala oleh jarak dan waktu.

“Dengan 75.265 desa yang tersebar di seluruh Indonesia, pembelajaran klasikal atau tatap muka dianggap tidak efektif untuk menjangkau seluruh pamong desa. Proses pembelajaran konvensional memerlukan waktu dan biaya besar, sehingga menghambat upaya peningkatan kapasitas aparatur secara merata,” ungkap La Ode.

BACA JUGA: Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Tekankan Pentingnya Desa dalam Pelayanan Publik

Peluncuran LMS ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi aparatur desa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka tentang literasi digital dan kecakapan teknologi yang penting dalam era digitalisasi saat ini.

Dengan LMS, aparatur desa dapat mengikuti pelatihan secara mandiri, kapan saja, tanpa harus meninggalkan tugas-tugas harian mereka di desa.

La Ode menambahkan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri telah melakukan sosialisasi tentang LMS ini secara bertahap, termasuk dari aspek regulasi dan memberikan pelatihan bagi para pelatih yang akan membantu melatih pamong desa saat menggunakan LMS.

Saat ini, LMS Pamong Desa ditargetkan menjangkau 40.000 desa dengan 80.000 peserta.

"Kami terus berupaya memperluas jangkauan LMS ini. Selain memberikan pelatihan, platform ini juga memungkinkan pamong desa untuk berinteraksi interaktif melalui berbagai fitur sehingga mereka dapat terus memberikan masukan terkini," ujar La Ode.

LMS Pamong Desa dilengkapi dengan lebih dari 3.800 konten pelatihan yang dirancang sesuai kebutuhan perangkat desa. Selain itu, platform ini juga dilengkapi dengan fitur pemantauan, yang memungkinkan proses pembelajaran dipantau mulai dari tahap pra, saat berlangsung, hingga pasca pelatihan.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan dengan baik dan membantu meningkatkan kompetensi pamong desa secara berkelanjutan.

“Kita bisa memantau dari sebelum hingga sesudah pelatihan. Ini adalah kelebihan dari LMS ini, karena kita bisa memastikan apakah para pamong desa terbantu oleh program ini. Kami berharap dengan adanya LMS, peningkatan kompetensi pamong desa bisa lebih masif dan merata,” tegasnya.

Dirjen Bina Pemdes juga mengajak seluruh pihak untuk mendukung program ini agar dapat berjalan dengan optimal.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah, serta akses internet yang lebih merata, LMS ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi keterbatasan pembelajaran klasikal, serta mempersiapkan aparatur desa dalam menghadapi tantangan digitalisasi. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler