Dirut Pertamina Pantau Langsung Penanganan Kebakaran di Kilang Cilacap

Sabtu, 12 Juni 2021 – 18:29 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati memantau langsung proses penanganan insiden di Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Humas Pertamina.

jpnn.com, CILACAP - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memastikan operasional dan pelayanan Kilang Cilacap tidak terganggu akibat kebakaran yang terjadi, Sabtu (12/6).

Nicke menyatakan hal tersebut saat memantau langsung proses penanganan insiden yang terjadi dan memberi dukungan kepada jajaran Subholding Refinery & Petrochemical.

BACA JUGA: Jangan Panik, Kebakaran Kilang Cilacap Tak Pengaruhi Pasokan BBM dan Elpiji

Tim emergency Pertamina Kilang Cilacap kini tengah berupaya maksimal melakukan pemadaman api yang masih tersisa di bundwall dan pipa area salah satu tangki penyimpanan unfinish product Benzene di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Menurut Nicke, satu titik api yang telah dipadamkan.

BACA JUGA: Pertamina Berhasil Kendalikan Kebakaran di Satu Tangki Benzene di Area Kilang Cilacap

Namun, muncul satu titik api lagi yang saat ini terus diupayakan untuk dipadamkan.

Manajemen Subholding Refinery & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) diminta untuk segera melakukan langkah-langkah untuk mengisolir dan mengantisipasi agar titik api tidak melebar.

BACA JUGA: Aset PLN Capai Rp1.589 Triliun, Kalahkan Pertamina dan 4 Bank BUMN

"Kami meminta kepada Tim Emergency untuk fokus segera menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi dan alhamdulillah tidak ada korban. Standar safety yang diterapkan Kilang Cilacap betul betul aman, tinggal masalah waktu dan bagaimana penanganan agar lebih ofensif dan proses pendinginan terus dilakukan," ujar Nicke.

Selanjutnya, atas insiden ini Nicke menekankan dua hal.

Pertama, operasional kilang tidak terganggu dan masih berjalan seperti biasa. Kedua, pelayanan kepada masyarakat dan customer tetap terlaksana dengan baik.

"Komitmen kami dalam penyediaan BBM dan LPG kepada masyarakat tidak akan terganggu, serta komitmen kepada customer khusus benzene semua sudah terpenuhi. Tidak ada isu supply pelanggan terganggu. Kami punya back up dari TPPI. Benzene untuk customer industri tidak ada kendala," katanya.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan Nicke kepada seluruh stakeholder atas dukungannya kepada Pertamina dan jajaran Subholding Refinery & Petrochemical dalam menangani insiden ini.(*/JPNN)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler