Disdik Balikpapan Jamin tak Ada Kebocoran Soal UN SMP

Senin, 05 Mei 2014 – 14:05 WIB

jpnn.com - BALIKPAPAN -- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP di Balikpapan Kalimantan Timur, diikuti 8.867 orang. Terdiri dari 4.533 peserta laki-laki dan 4.334 peserta perempuan. Mereka terbagi dalam 460 ruang ujian.

Kepala Disdik Balikpapan Heri Misnoto, menjelaskan, pihaknya juga sudah membentuk 14 subrayon untuk mengakomodasi 69 satuan pendidikan yang ada di Balikpapan.

BACA JUGA: Surabaya Siap Jadi Ikon Wisata Nasional

Masing-masing subrayon terdiri dari 4-6 sekolah yang jaraknya tak terlalu jauh. Pembentukan subrayon ini kaitannya juga dalam hal pertukaran pengawas ujian dari subrayon satu ke subrayon lainnya.

Tak hanya itu, koordinasi dengan pihak kepolisian kaitannya dengan pengamanan distribusi soal pada hari-H juga sudah dilakukan.

BACA JUGA: Mantan Ketua KPU Pangkep Tersangka Korupsi Dana Pilgub Sulsel

"Masing-masing kepala sekolah yang mengambil soal di Disdik akan didampingi pengawas dan juga kepolisian untuk menjaga kerahasiaan soal ujian,” kata Heri seperti dilansir Kaltim Post (JPNN Grup), Senin (5/5).

Selebihnya, UN SMP memiliki aturan main serupa dengan UN SMA. Dalam satu ruang kelas terdapat 20 peserta ujian dengan 20 paket soal yang berbeda.

BACA JUGA: Upaya PK Rahudman Terganjal Salinan Putusan Kasasi

Begitu juga dengan kriteria kelulusan ditentukan oleh Nilai Akhir (NA) mata pelajaran yang diujikan tak boleh kurang dari 4,0. Selain itu, nilai rata-rata NA semua mata pelajaran yang diujikan tak boleh kurang dari 5,5.

NA itu sendiri merupakan nilai gabungan dari nilai UN dengan bobot 60 persen dan nilai sekolah (NS) dengan bobot 40 persen. Di dalam NS meliputi nilai rata-rata rapor dengan bobot 70 persen dan nilai ujian sekolah dengan bobot 40 persen.

"Peran orangtua untuk menerapkan Perwali 35 tentang jam belajar juga penting. Supaya orangtua mendampingi anaknya agar masa senggang digunakan untuk belajar, bukan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat untuk pendidikan,” tambahnya.

Ia juga mengimbau peserta ujian tak percaya dengan rayuan adanya kunci jawaban. Dengan jumlah paket soal sebanyak 20 jenis, menurutnya sangat tidak mungkin terjadi kebocoran. (her/*/rsh/far/k7)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penimbunan BBM Libatkan Polisi, Kapolda: Usut yang Terlibat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler