Disebut Dekat dengan Jokowi, Irjen Ahmad Luthfi Didukung PSI Maju Pilgub Jateng

Selasa, 04 Juni 2024 – 10:49 WIB
Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com, SEMARANG - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mengunci sosok Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024.

Ketua Pembina DPW PSI Jateng M Farchan menyatakan peluang itu muncul lantaran Luthfi memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Giliran Budayawan & PSI yang Deklarasi Dukung Irjen Ahmad Luthfi jadi Gubernur Jateng

"Pak Luthfi punya kedekatan dengan pusat, itu yang menguntungkan. Jadi, PSI mendorong Pak Luthfi, ayo jadi gubernur," kata Farchan, seusai deklarasi Sahabat Luthfi Jateng di Semarang, Senin (4/6).

Dia menyatakan partainya telah mengunci jenderal bintang dua itu sebagai sosok yang layak memimpin Jateng lima tahun ke depan.

BACA JUGA: Berawal dari Urusan Gana-Gini, AS Tikam Kekasih Mantan Istri, Korban Tewas

"Sejauh ini PSI belum menetapkan, tetapi ini dalam rangka memanaskan mesin partai salah satunya yang dibidik adalah Ahmad Luthfi, hanya Pak Luthfi," kata Farchan.

Konon PSI juga telah berkomunikasi intens dengan polisi lulusan sekolah perwira militer sukarela (Sepa Milsuk) 1989 yang kini berubah sekolah inspektur polisi sumber sarjana (SIPSS) itu.

BACA JUGA: Mbak Ita Pastikan PPDB Semarang 2024 Bersih dari Titip-Menitip

Menurut Farchan, Irjen Luthfi adalah nominasi yang paling pas. Kepemimpinannya sudah teruji, baik jam terbang, hingga gaya komunikasi.

"Sejauh ini kami sudah komunikasi, termasuk dengan partai-partai lain. Tuntutan Jawa Tengah saat ini, dari semua figur hanya Pak Luthfi yang pas," ujarnya.

Dasar lain yang membuat partainya mendukung penuh Lutfhi dalam Pigub Jateng, karena jebolan bukan dari Akademi Kepolisian (Akpol) itu punya kedekatan dengan Istana.

"Teruji tidak ujug-ujug, pasang gambar minta dicalonkan, (tetapi kariernya) sejak Kapolres Batang sampai Kapolda Jateng. Ini, kan, tidak main-main," tuturnya.

Diketahui, Irjen Ahmad Luthfi akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Kapolda Jateng atau pensiun pada November 2024 mendatang. Namun, hingga kini Ahmad Luthfi belum bersikap mengikuti kontestasi Pilgub Jateng 2024.(mcr5/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler