Giliran Budayawan & PSI yang Deklarasi Dukung Irjen Ahmad Luthfi jadi Gubernur Jateng

Senin, 03 Juni 2024 – 19:52 WIB
Sukarelawan Sahabat Luthfi deklarasi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi maju Pilgub Jateng. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com, SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi terus mendapat dukungan untuk maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur atau Pilgub Jateng 2024.

Salah satunya dari sekelompok orang yang mengatasnamakan Sahabat Luthfi Jawa Tengah. Mereka mendeklarasikan dukungan terhadap jenderal bintang dua itu menjadi orang nomor satu di Jateng.

BACA JUGA: 2 Tahun Berlalu, Kasus Kematian PNS Semarang Belum Terungkap, Polda Jateng Bilang Begini

Gerakan itu dimotori oleh sejumlah budayawan. Seperti di antaranya Ketua Lesbumi Jateng Lukni Maulana, dan Beno Siang Pamungkas, seorang kawakan budayawan Kota Semarang.

"Kami, para sukarelawan Sahabat Luthfi Jateng, dengan penuh kesadaran dan tekad yang bulat, dengan ini menyatakan dukungan sepenuh hati kepada Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah," kata Lukni, seusai deklarasi di Resto Bale Jawa, Kota Semarang, Senin (3/6).

BACA JUGA: Ponsel Kapolda Jateng Diduga Diretas, 2 Pelaku Diamankan di Palembang

Dalam hal ini, Lukni mengomando kelompok sukarelawan tersebut sebagai Ketua Koordinator Sahabat Luthfi Jateng. Menurutnya, keputusan ini merupakan hasil penyaksian dan penilaian perjalanan politik dan perkembangan masyarakat di berbagai bidang.

Hasil itu mengeruncut pada Ahmad Luthfi, polisi aktif yang menjabat Kapolda Jateng selama empat tahun terakhir ini.

BACA JUGA: Soal Dugaan Kekerasan di Desa Wadas, IPW Minta Kapolri Menghukum Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi

Menurutnya, Luthfi punya kepemimpinan yang berkualitas, berintegritas, dan mampu membawa perubahan nyata bagi seluruh masyarakat Jawa Tengah.

"Rekam jejak yang bersih dan komitmen yang teguh terhadap kepentingan rakyat, merupakan sosok yang kami yakini dapat mewujudkan visi dan misi untuk memajukan Jateng ke arah yang lebih baik," katanya.

Luthfi dinilai punya kepekaan dengan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Seperti halnya menjaga generasi masa depan dari bayang-bayang narkoba. Termasuk di antaranya, latar belakang Intelkam yang memiliki kedekatan dengan tokoh masyarakat.

"Kami siap untuk menggelorakan semangat perubahan, melakukan langkah-langkah nyata, dan berjuang bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita bersama," ujarnya.

Dalam deklarasi itu hadir Ketua Pembina DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jateng M Farchan. Dia menyatakan partainya telah mengunci Ahmad Luthfi sebagai sosok yang layak memimpin Jateng lima tahun ke depan.

"Sejauh ini PSI belum menetapkan, tetapi ini dalam rangka memanaskan mesin partai salah satunya yang dibidik adalah Ahmad Luthfi, hanya Pak Luthfi," kata Farchan.

Sejauh ini, partainya telah berkomunikasi intens dengan polisi lulusan sekolah perwira militer sukarela (Sepa Milsuk) 1989 yang kini berubah sekolah inspektur polisi sumber sarjana (SIPSS).

Menurutnya, Ahmad Luthfi adalah nominasi yang paling pas. Kepemimpinannya sudah teruji, baik jam terbang, hingga gaya komunikasi.

"Sejauh ini kami sudah komunikasi, termasuk dengan partai-partai lain. Tuntutan Jawa Tengah saat ini, dari semua figur hanya Pak Luthfi yang pas," ujarnya.

Dasar lain yang membuat partainya mendukung penuh Lutfhi dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 ini karena jebolan bukan dari Akademi Kepolisian (Akpol) itu punya kedekatan dengan Istana.

"Justru itu Pak Luthfi punya kedekatan dengan pusat, itu yang menguntungkan. Jadi PSI mendorong Pak Luthfi, ayo jadi gubernur," tuturnya.

Ahmad Luthfi akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Kapolda Jateng atau pensiun pada November 2024 mendatang. Namun, hingga kini Ahmad Luthfi belum bersikap mengikuti kontestasi Pilgub Jateng 2024.(mcr5/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolda Jateng Ungkap Kondisi Bripka Dirgantara, Masih Dirawat


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler