Disodori Survei LSI, Sekjen PAN Tetap Percaya Diri

Senin, 12 Maret 2012 – 12:51 WIB

JAKARTA - Survei terakhir Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan Partai Amanat Nasional (PAN) semakin terperosok. Partai yang pada pemilu 2009 lalu menempati urutan kelima, justru dari survei terakhir semakin terpental dengan tingkat elektabilitas hanya 2,7 persen dan menempati peringkat sembilan.

Namun hasil survei itu tak membuat politisi PAN berkecil hati. Sekjen PAN, Taufik Kurniawan, menyatakan bahwa pihaknya juga melakukan survei secara internal untuk mengukur elektabilitas PAN.

"Tanpa bermaksud ini bagian staregi, insyaallah hasil survei internal PAN sangat positif. Teman-teman daerah sumringah (bersemangat) dan optimis," kata Taufik di Jakarta, Senin (12/3).

Meski demikian Taufik tak mau membuka hasil survei internal yang dilakukan PAN. "Yang ini (survei internal) hanya PAN dan Tuhan yang tahu," kilahnya.

Taufik mengatakan, PAN tetap menghargai hasil survei yang menempatkan PAN semakin terperosok walau pada pemilu 2009 lalu menempati peringkat kelima. Hanya saja ia juga mengingatkan tentang survei pembanding yang bisa saja berbeda hasilnya.

"Karena bagaimanapun satu periode ada hasil survei yang sangat berbeda. Satu sisi menjadi pemenang pemilu, di sisi lain didropkan sangat bawah," ucapnya.

Taufik yang juga duduk sebagai Wakil Ketua DPR itu menegaskan, justru saat ini mesin politik PAN sedang berjalan baik. Konsolidasi dari tingkat pusat hingga daerah juga terus digalakkan.

Selain itu, dalam dua bulan terakhir ini elit-elit PAN juga semakin rajin ke daerah untuk memupuk basis dukungan. Taufik mengklaim setiap acara PAN di daerah juga dibanjiri massa. "Kemarin terakhir di Aceh. Teman-teman kader PAN sangat semangat dan antsusias menyongsong pemilu," tegasnya.

Tak hanya itu, PAN juga terus menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh masyarakat ataupun pemuka adat. Bahkan di tingkat akar rumpur, nama Hatta Radjasa yang sudah ditetapkan sebagai capres oleh PAN juga semakin populer. "Kita tidak mau ngege mongso (terburu nafsu), tapi teman-teman kader, tokoh senior masyaralkat di daerah, juga punya komitmen mendukung PAN dan Pak Hatta.  Mesin politik berjalan dengan baik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kemarin (11/3) LSI merilis hasil survei terakhir tentang elektabilitas parpol. Hasilnya, Golkar berada di peringkat teratas dengan elektabilitas 17,7 persen. Sementara PAN berada di posisi ke-9 di bawah Gerindra (3,7 persen). Di bawah PAN adalah Hanura dengan elektabilitas 0,9 persen.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bagi-bagi Uang, Sri Muningsih Ditangkap Panwascam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler