Diwarnai Penalti Gagal dari Lawan, Timnas U-23 Indonesia Bantai Timor Leste 4-1

Selasa, 10 Mei 2022 – 21:56 WIB
Timnas U-23 saat uji coba di Korsel. Irfan Jaya (depan dua dari kiri) jadi pemain senior yang kena coret. Foto: PSSI

jpnn.com, HANOI - Timnas U-23 Indonesia nenggilas Timor Leste 4-1 pada lanjutan Grup A cabor sepak bola SEA Games 2012. Pertandingan berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/5) malam. Ada satu penalti dari pemain Timor Leste yang gagal menjadi gol.

Performa Garuda Muda jauh dari kata memuaskan terutama di awal-awal babak. Pasalnya, lawan bisa menekan Indonesia terlebih dahulu.

BACA JUGA: Posisi Indonesia Tak Beranjak di Klasemen Sementara Grup A SEA Games 2021

Baru dua menit pertandingan berjalan, Timor Leste sudah diuntungkan dengan penalti. Saat itu, Marc Klok kurang cermat dalam menguasai bola sehingga bisa direbut lewan.

Saat Klok berusaha merebutnya kembali, gelandang Persib Bandung itu malah membuat pelanggaran di kotak terlarang. Akibatnya, wasit langsung menunjuk titik puti. Beruntung, eksekusi Mauzinho bisa digagalkan Ernando Ari.

BACA JUGA: SEA Games 2021: Witan Sulaeman Tajam, Timnas U-23 Indonesia Gilas Timor Leste

Secara strategi, Timor Leste benar-benar tahu sosok Ilham Rio Fahmi jadi titik lemah. Pasukan Fabio Magrao kerap membangun serangan dari posisi yang ditempati full back Persija Jakarta tersebut.

Beruntung, penyelesaian akhir pemain Timor Leste tidak begitu baik. Indonesia akhirnya memecah kebuntuan lewat gol Egy Maulana Vikri pada menit 15'.

BACA JUGA: Jelang Berangkat ke SEA Games 2021, Kontingen Judo Indonesia Ditargetkan Ini

Berawal dari umpan Syahrian Abimanyu ke kotak penalti, bola disundul Rizky Ridho yang mengarahkannya ke mulut gawang Timor Leste. Egy yang yang berdiri bebas tanpa ampun mengonversinya menjadi gol.

Setelah gol itu, peluang sejatinya banyak didapatkan oleh Indonesia. Namun, buruknya penyelesaian akhir ditambah bagusnya performa kipper Timor Leste membuat skor 1-0 keunggulan Indonesia tidak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua, perubahan dilakukan oleh Shin Tae Yong. Ilham Rio Fahmi ditarik dan digantikan dengan Asnawi. Saddil Ramdani yang masih diizinkan bertahan di Vietnam oleh klubnya, dapat kesempatan bermain menggantikan Egy Maulana Vikri.

Perubahan itu memberi perbedaan dalam penyerangan Indonesia. Menit ke-52, Witan menggandakan keunggulan lewat sundulannya memanfaatkan umpan lemparan ke dalam dari Alfeandra Dewangga.

Witan sempat mencetak gol pada menit ke-56, tetapi dianulir oleh wasit karena dinilai dalam posisi offside.

Dua menit berselang, gol ketiga Indonesia akhirnya hadir melalui sundulan Fachruddin Aryanto memanfaatkan umpan sepak pojok Syahrian Abimanyu.

Saat asyik menekan, penyakit lama Indonesia muncul. Kelengahan lini belakang harus dibayar dengan gol Timor Leste.

Pada menit ke-69, Mouzinho mampu memaksimalkan serangan balik dengan kecepatannya dan memperdaya tiga pemain Indonesia. Skor berubah jadi 3-1 masih keunggulan Indonesia.

Pesta gol Indonesia kemudian ditutup oleh Witan Sulaeman pada menit ke-77. Berawal dari serangan balik cepat yang digawangi Saddil, bola kemudian dikirimkan ke Witan dan langsung disambar menjadi gol.

Sampai peluit panjang dibunyikan, skor tak berubah, Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste dalam laga lanjutan Grup A SEA Games 2021. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cek Lagi, Susunan Pemain dan Link Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Timor Leste


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler