DKPP Disarankan Minta Keterangan Jajaran Setjen KPU

Minggu, 11 November 2012 – 19:39 WIB
JAKARTA - Direktur Esekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima), Ray Rangkuti menyarankan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) segera meminta keterangan jajaran Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU). Langkah ini dinilai penting guna membuktikan kebenaran ada atau tidaknya pembangkangan sebagaimana dikemukakan Komisioner KPU, Ida Budhiati beberapa waktu lalu.

“Jadi bisa diperjelas duduk perkaranya. Apakah benar kesemrawutan verifikasi itu pangkal sebabnya karena ada pembangkangan, atau justru disebabkan kelemahan manajemen dan kebijakan komisioner KPU sendiri,” ujar Ray di Jakarta, Minggu (11/11).

Dengan adanya keterangan dari kedua-belah pihak, Ray yakin segera ditemukan alasan yang valid. Dari keterangan kedua belah pihak, sambungnya, juga akan diketahui pihak yang sebenarnya telah melanggar kode etik.

“Apakah karena staf-staf ini hendak melakukan upaya-upaya yang melanggar hukum, atau kemungkinan mereka membangkang terhadap perintah komisioner yang melanggar UU atau peraturan pemilu itu sendiri? Nah dengan mempertemukan keduanya, maka ketika DKPP nantinya memutus perkara, itu benar-benar mendekati objektif,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), Raydonnyzar Moenek mengatakan, permasalahan yang mengemuka itu  sebenarnya urusan internal KPU. Namun begitu pemerintah dalam hal ini Kemendagri, dapat memberikan bantuan, dukungan, guna mengatasi kendala-kendala birokrasi yang dialami KPU.

"Selama hal tersebut dimintakan oleh KPU. Dukungan itu semisal lewat sumber daya tenaga, tentu akan kita kerahkan. Ini semata-mata untuk sukses Pemilu mendatang,” katanya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Pasang Cagub-Cawagub Resmi Mendaftar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler