DLH Cianjur Tangkap Pembuang Limbah dari Perusahaan di Bandung Barat

Sabtu, 06 Maret 2021 – 23:31 WIB
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Cianjur, Jawa Barat, tangkap tangan pembuang limbah IPAL dari perusahaan di Bandung Barat, yang sengaja dibuang di Cianjur. Foto: Ahmad Fikri/Antara

jpnn.com, CIANJUR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur, Jawa Barat, menangkap tangan pelaku pembuangan limbah industri di Kecamatan Karangtengah, yang diduga limbah IPAL (instalasi pengolahan air limbah) dari perusahaan di Bandung Barat.

Kepala Seksi Penegakan Hukum DLH Cianjur Didin Solihin mengatakan, pihaknya banyak mendapat laporan dari warga terkait truk yang kerap membuang limbah dalam karung ke sejumlah titik di Kecamatan Karangtengah, sehingga pihaknya melakukan pengintaian.

BACA JUGA: Ada Longsor di Jalur Puncak - Cianjur

"Kami memergoki satu truk bermuatan 16 karung limbah yang sedang diturunkan dua orang pria di lapangan terbuka di Kecamatan Karangtengah. Mereka sempat berdalih kalau karung tersebut berisi sampah rumahan," katanya saat dihubungi, Sabtu (6/3).

Tidak percaya dengan keterangan tersebut, pihaknya membuka beberapa karung yang ternyata berisi limbah cair dan padat yang dibawa dari perusahaan di Bandung Barat.

BACA JUGA: Singgung Moeldoko Mantan Prajurit TNI AD, AHY: Bukan Kesatria, Tidak Patut Dicontoh

DLH melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti.

Pihaknya akan mendalami temuan limbah dan mencari informasi perusahaan mana yang sengaja membuangnya ke Cianjur.

Bahkan untuk ke depannya Dinas Lingkungan Hidup akan memperketat pemantauan guna mencegah pembuangan limbah antar daerah.

"Untuk saat ini sampelnya akan kami teliti apakah mengandung zat berbahaya atau tidak, selanjutnya kami akan serahkan kasusnya ke Polda Jabar berkordinasi dengan Polres Cianjur," katanya.

Ia mengimbau warga untuk ikut membantu dalam pengawasan karena terbatasnya pegawai Dinas Lingkungan Hidup dengan cara melaporkan setiap temuan ke dinas terkait agar dapat segera ditindaklanjuti.

"Selama ini kami banyak dibantu warga yang peduli dengan kelestarian lingkungan," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler