Dokter Romi yang Digagalkan Jadi CPNS kini Mengadu ke Istana

Kamis, 01 Agustus 2019 – 20:25 WIB
Dokter gigi Romi Syofpa Ismael saat mengadu ke Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA - Dokter gigi Romi Syofpa Ismael yang digagalkan menjadi CPNS oleh Pemerintah Kabupaten Solok, kini mengadukan nasibnya ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Kedatangan drg Romi yang jauh-jauh dari ranah minang, diterima oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, di kantornya, Kamis (1/8).

BACA JUGA: Dokter Penyandang Disabilitas Raih Peringkat Tapi Gagal CPNS, Begini Reaksi Korpri

Saat itu, dokter berjilbab itu didampingi tim advokasi dari LBH Padang.

"Kalau saya dengarkan tadi bahwa beliau telah mengikuti standar seleksi dengan baik. Dan sesungguhnya hasilnya memadai untuk lulus," ucap Moeldoko saat memberi penjelasan ke media usai bertemu drg Romi.

BACA JUGA: 3 Penyebab Pelamar CPNS Gagal di Tahap Seleksi Administrasi

BACA JUGA : Sungguh Miris...Dokter Romi Gagal jadi CPNS karena Penyandang Disabilitas?

Mantan Panglima TNi itu menilai, gagalnya Romi jadi CPNS kemungkinan karena ada perbedaan persepsi tentang kondisi kesehatannya. Oleh karena itu perlu diluruskan.

BACA JUGA: Perempuan Golkar Minta Mensos Bantu Dokter Romi

"Mungkin ada sebuah persepsi yang berbeda, dan perlu diluruskan bahwa sehat jasmani dan rohani mestinya tidak dikaitkan dengan disabilitas," tegasnya.

Dia menjelaskan bahwa di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang diterbitkan era Presiden Joko Widodo, memberikan hak seluas-luasnya bagi difabel mendapatkan hak-haknya.

BACA JUGA : Dokter Penyandang Disabilitas Raih Peringkat Tapi Gagal CPNS, Begini Reaksi Korpri

Hal itu lah yang menurut Moeldoko perlu diluruskan. Sehingga apa yang dilakukan drg Romi dalam seleksi CPNS bisa dipahami. Apalagi dia sudah empat tahun bekerja.

"Kalau dikatakan tidak mampu dalam jalankan tugas, juga tidak. Karena mulai dari beliau sehat sampai mendapatkan musibah tidak ada yang berubah dalam pengabdiannya," jelas Moeldoko.

Oleh karena itu, KSP akan mencoba membantu mengomunikasikan masalah yang dihadapi dokter yang akrab disapa Ami itu dengan berbagai pihak terkait untuk mencari solusi yang bijaksana.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sungguh Miris...Dokter Romi Gagal jadi CPNS karena Penyandang Disabilitas?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler