Doni Monardo Resmikan RS Covid-19 di Biak, Masyarakat Merasa Senang

Kamis, 08 Oktober 2020 – 16:10 WIB
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Foto: ANTARA

jpnn.com, BIAK - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk isolasi pasien corona di Biak Numfor, Papua, Kamis (8/10) siang.

Rumah sakit ini diharapkan bisa melayani masyarakat di Pulau Biak dan sekitarnya, seperti Pulau Japen.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Ingatkan Pengungsian Korban Banjir Bisa jadi Klaster Baru

RSUD ini berkapasitas 50 pasien, di mana sepuluh kamar didesain untuk pasien yang membutuhkan perawatan khusus.

Doni menerangkan, RSUD ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat Biak yang membutuhkan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Beri Peringatan Dini Buat Pemda soal Penyebaran Virus di Musim Hujan

 

BACA JUGA: Iman, Aman dan Imun jadi Vaksin Covid-19

Seluruh anggaran Rp 43 miliar untuk pembangunan RSUD berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Pelaksanaan pembangunan RSUD ini dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta PT Adhi Karya (BUMN) sebagai kontraktor.

“Harapan saya RSUD ini bisa dirawat dengan baik dan bisa melayani masyarakat juga dengan baik. Khusus dalam menghadapi Covid-19, saya mengharapkan masyarakat di Biak Numfor untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, selalu memakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan, serta cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,” tegas Doni.

Ruang isolasi Covid-19 di RSUD Biak Numfor pada hari ini langsung merawat 24 pasien, di mana dua pasien positif, empat pasien melakukan kontak erat, dan sisanya terkonfirmasi positif.

Sementara itu, Bupati Biak Herry Ario Naap sangat berterima kasih atas sumbangan pembangunan RSUD yang sangat dibutuhkan masyarakatnya. Sekarang ini kasusnya sedang meningkat dan dibutuhkan RS yang bisa segera menangani masyarakat yang terinfeksi Covid-19.

“Saya atas nama masyarakat Biak Numfor mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang membangunkan RSUD untuk penanganan Covid-19. Selama ini warga yang terinfeksi harus dikirim ke Jayapura untuk mendapatkan perawatan,” kata Herry.

RSUD ini kelak bukan hanya akan merawat masyarakat yang tinggal di Pulau Biak, tetapi pulau-pulau sekitar seperti Pulau Japen.

Dengan perawatan yang lebih cepat diharapkan warga yang terinfeksi bisa cepat ditangani.

Kedatangan Doni sendiri disambut bahagia oleh masyarakat Biak. Eks Komandan Paspampres era Susilo Bambang Yudhoyono itu disambut dengan tarian selamat datang.

Sama seperti kunjungan sehari sebelumnya di Gorontalo dan Sulawesi Utara, Doni juga melakukan rapat koordinasi penanganan covid-19 dengan pimpinan daerah Biak Numfor. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler