Dorong DPR Bentuk Pansus Selidiki Korupsi Lingkaran SBY

Sabtu, 30 November 2013 – 03:49 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi menilai kasus korupsi yang menyeret kader-kader Partai Demokrat mirip dengan tersangka skandal Buloggate, Suwondo pada era Presiden Abdurrahman Wahid. Pasalnya, mereka sama-sama dekat dengan dengan presiden yang tengah berkuasa.

"Andi Mallarangeng itu 4.000 persen orangnya presiden (SBY, red) Angelina Sondakh, Nazarudin juga 4.000 persen orang presiden," kata Adhie dalam acara diskusi bertajuk "Mencari Sosok Gus Dur Baru" di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

BACA JUGA: KPK Tak Boleh Pilih Kasih Bongkar Kasus Suap SKK Migas

Seperti diketahui, Suwondo adalah orang dekat Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), presiden yang berkuasa saat kasus Buloggate terjadi. Akibat kedekatan itu, DPR sampai membentuk panitia khusus (pansus) untuk menyelidiki kaitan Gus Dur dengan kasus Buloggate. Meski Gus Dur tidak terbukti terlibat, namun skandal tersebut berujung pada pelengseran presiden yang pernah memimpin PBNU itu.

Sementara Andi Mallarangeng, Angelina dan Nazarudin adalah elit Partai Demokrat pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kasus korupsi mereka juga dilakukan saat SBY berkuasa.

BACA JUGA: Ibas Ajak Kader Demokrat Bangka Tiru Gaya Politik SBY

Namun, kata Adhie, perlakuan DPR terhadap Gus Dur berbeda dengan perlakuan kepada SBY. Pasalnya, DPR tidak membentuk pansus untuk menyelidiki hubungan SBY dengan kasus-kasus korupsi yang dilakukan kader demokrat seperti kasus Hambalang dan wisma atlet SEA Games.

"Padahal Suwondo itu cuma nipu doang, kalau mereka ini (Andi Cs) kan makan uang rakyat. Tapi kenapa sekarang kenapa DPR gak ada niat bikin pansus ya," ujar Adhie.

BACA JUGA: Pengacara Azlaini Ancam Bubarkan Ombudsman RI

Mantan Juru Bicara Kepresidenan itu menambahkan, perlakuan tidak adil ini ikut dirasakan oleh loyalis Gus Dur atau yang biasa disebut Gus Durian. Karena itu, mereka berencana untuk menuntut keadilan bagi Gus Dur.

"Gus Durian bilang sama saya nanti waktu acara haul, temanya Gusdurian menuntut keadilan. Saya setuju dengan tema itu," pungkas mantan wartawan itu.(dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kerjasama KPU-PPATK Masih Tahap Pembahasan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler