Dorong Pertanian Berkelanjutan, Pupuk Kaltim Gandeng FK P4S Lumajang

Senin, 13 Februari 2023 – 03:04 WIB
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendukung peran Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (FK P4S) Kabupaten Lumajang, untuk terus aktif dalam pembangunan pertanian Foto dok PKT

jpnn.com, LUMAJANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendukung peran Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (FK P4S) Kabupaten Lumajang, untuk terus aktif dalam pembangunan pertanian, melalui pengembangan sumber daya manusia dalam pelatihan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

VP Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim Indah Febrianty, menyampaikan pertanian berkelanjutan menjadi salah satu aspek fundamental dalam mendukung ketahanan pangan nasional, utamanya produktivitas pertanian daerah melalui peningkatan hasil produksi pada beragam komoditas.

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Pabrik NPK Pupuk Iskandar Muda yang Dibangun PT PP

"Hal ini sejalan dengan langkah Pupuk Kaltim dalam mendorong sektor pertanian dengan memacu produktivitas komoditas unggulan di berbagai daerah, sehingga mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil dan kesejahteraan pertani," ungkap Indah, saat pertemuan Triwulan FK P4S Lumajang di Goatzilla Farm, Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro, Selasa (31/1).

Peningkatan produktivitas pertanian daerah menjadi salah satu perhatian Pupuk Kaltim yang direalisasikan pada berbagai program.

BACA JUGA: Gandeng Genting Oil, Pupuk Kaltim Pastikan Pasokan Gas Bumi Pabrik Urea Papua Barat Aman

Salah satunya Agrosolution yang telah dikenalkan Pupuk Kaltim bagi petani pada Festival Tani Lumajang 2022 lalu, sekaligus memberikan edukasi berbagai produk unggulan perusahaan dalam mendorong produktivitas tanaman.

Secara spesifik, program Agrosolution di Kabupaten Lumajang nantinya akan menyasar produktivitas pisang, tembakau hingga salak yang menjadi komoditas unggulan daerah.

BACA JUGA: Pupuk Bersubsidi Dikabarkan Langka, Ketum KTNA Jabar Tegas Menjawab Begini

"Melalui program Agrosolution, Pupuk Kaltim siap berkolaborasi bersama seluruh pihak terkait seperti FK P4S hingga Pemerintah Daerah, untuk memberikan manfaat dan nilai tambah bagi petani. Sehingga kedepan, produktivitas hasil komoditas andalan di Lumajang bisa lebih dioptimakan," seru Indah.

Menurut dia, Pupuk Kaltim memiliki berbagai produk unggulan yang cocok dengan kebutuhan tanaman pisang.

Salah satunya NPK Pelangi JOS sebagai produk terbaru yang menggabungkan fungsi pupuk kimia dan hayati dalam satu kemasan, sehingga mampu menjaga daya dukung lahan secara berkesinambungan.

"Dengan keterlibatan berbagai pihak seperti Pupuk Kaltim melalui program Agrosolution, diharap makin mendorong kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas secara maksimal. Sehingga komoditas pisang mampu mendapatkan pasar yang jauh lebih baik kedepannya," imbuh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler