Dorong Program Imunisasi dan Pemberian Vitamin A

Selasa, 07 Agustus 2012 – 06:40 WIB
TIMIKA – Wakil Bupati Mimika H Abdul Muis, ST MM, Senin (6/8) menyambangi salah satu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di Kios Panjang, Kwamki Narama. Kunjungan ini dilakukannya guna mendukung Program Nasional Imunisasi dan Pemberian Vitamin A kepada Balita.

Wakil Bupati Abdul Muis saat ditemui Radar Timika di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Senin (6/8) malam mengatakan, bahwa Program Imunisasi dan Pemberian Vitamin A kepada Balita merupakan Program Nasional. Kendati demikian Pemda Mimika tetap mendukung terlaksananya program ini di Mimika mengingat pentingnya bagi kesehatan anak-anak Timika.

“Ini adalah program Pemerintah Pusat, bukan programnya Pemerintah Daerah. Tapi kita tetap mendukungnya, karena program ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita,” ujarnya.

Dikatakan Muis, dirinya merasa bangga dengan masyarakatnya di Mimika, khususnya warga Kwamki Narama yang aktif dan datang ke Posyandu untuk terlibat dalam program imunisasi dan pemberian Vitamin A ini. “Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Karena ibu-ibu yang membawa anak-anaknya datang, sebagian besar adalah warga asli Papua. Ini menandakan bahwa masyarakat kita sudah sadar dan peduli akan kesehatan,” katanya.

Muis mengharapkan, program positif seperti ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga kesehatan anak-anak Timika dapat ditingkatkan.

Sementara itu, Koordinator Gizi Puskesmas Kwamki Narama, Maria Lois Adii, SKM saat ditemui di Posyandu tersebut mengatakan, Program Nasional Pemberian Vitamin A merupakan program rutin Pemerintah yang setiap tahun dilakukan dua kali, yaitu bulan Februari dan Agustus.

“Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan  setiap bulan. Kebetulan bulan ini  bertepatan dengan  Bulan Vitamin A, maka kami laksanakan secara bersamaan,” katanya. 

Maria menjelaskan, Vitamin A yang diberikan terdiri dari dua jenis, yaitu biru untuk bayi yang berusia 6-11 bulan, sedangkan merah untuk anak balita usia 12 bulan – 59 bulan atau 1 – 5 tahun. 

Dimana sasaran program ini adalah ibu-ibu yang baru melahirkan atau masih dalam masa nifas. Selain itu, Vitamin A juga diberikan untuk anak-anak yang gizi buruk dan mengalami gangguan pada penglihatan serta anak-anak yang kena campak.(sms)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Duh! Suntik Kelamin Berakhir Di Meja Operasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler