Dosen FISIP UPNVJ Gelar Pelatihan Nasionalisme untuk PMI di Malaysia

Senin, 05 Agustus 2024 – 18:04 WIB
Dosen dan mahasiswa FISIP UPN Veteran Jakarta menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional untuk PMI di Malaysia, 3-4 Agustus 2024. Foto: FISIP UPNVJ

jpnn.com - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) telah menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional di Malaysia pada Sabtu dan Minggu, 3-4 Agustus 2024.

Kegiatan bertajuk Penguatan Nasionalisme kepada Masyarakat Indonesia di Malaysia itu, bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Johor Baru, digelar di Aula Kompleks Dewan Ikram, Johor Bahru, Malaysia.

BACA JUGA: FISIP UPNVJ Gelar Seminar Literasi Politik kepada Gen Z

“Alhamdulillah, kami sangat berbahagia bisa bersilaturahmi dengan rekan masyarakat Indonesia di Johor untuk bersilaturahmi dan memberikan sharing tentang nasionalisme dan penguatan modal sosial kepada pahlawan devisa dari berbagai daerah,” kata Dr Munadhil selaku ketua Tim PKM Internasional dikutip dari siaran pers.

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVJ itu mengatakan PKM tersebut sebagai bentuk Tridarma Perguruan Tinggi dalam upaya meningkatkan pemahaman dan skill khususnya kepada para pekerja migran di bidang ekonomi, sosial, ketahanan.

BACA JUGA: Guru P1 Minta Diangkat PPPK 2024 Tanpa Tes, Serdik & Usia Jadi Tolok Ukur

"Akademisi dan mahasiswa harus juga memperhatikan masalah warga di luar yang perlu mendapatkan perhatian dan dukungan," ujar Munadhil.

Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ Dr Fitria mengatakan bahwa agenda ini terselenggara berkat kolaborasi dan dukungan dari banyak pihak.

BACA JUGA: Pengumuman: Tarif Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Naik Nih

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada Rektor UPNVJ, seluruh wakil rektor, LPPM khususnya Ketua LPPM, Dekan FISIP UPNVJ dan mitra kita yaitu IKMI Johor Bahru dan Universiti Teknologi MARA/UiTM atas dukungan dan bantuannya.

"Ini merupakan kegiatan PKM Internasional pertama yang dilaksanakan oleh Dosen FISIP UPNVJ," ucapnya.

Sementara itu, Dr Faisal selaku Ketua IKMI Johor Bahru mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mengatakan PKM tersebut bagus untuk meningkatkan persatuan dan modalitas sosial bagi para pekerja kilang di Johor.

"Kami berbahagia didatangi oleh civitas akademika dan mahasiswa dari UPN Veteran Jakarta. Kami berharap kegiatan dan kerja sama ini dapat terus berkelanjutan kedepannya," ujarnya.

Kegiatan PKM Internasional ini difokuskan pada penguatan nasionalisme bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia. Forum itu diikuti 12 mahasiswa dari berbagai program studi di FISIP UPNVJ.

Dalam rangkaian acara itu. lima dosen FISIP UPN Veteran Jakarta memberikan materi yang bervariasi, mulai dari penguatan 4 pilar kebangsaan, kebiasaan mengelola uang dengan baik, literasi digital, hingga pelatihan soft skill.

Materi ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan keterampilan yang bermanfaat bagi para pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler