DPD Rekomendasikan 17 Calon Anggota BPK

Rabu, 01 Februari 2012 – 21:42 WIB

JAKARTA - Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merekomendasikan 17 nama sebagai calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke DPR RI. 17 Nama pilihan DPD itu dianggap memiliki kapabiliuas dan kompetensi yang tinggi.

Berdasarkan penilaian DPD, 17 calon memperoleh nilai yang tinggi setelah disaring dari 35 calon yang menjalani tahapan aseleksi seperti pemaparan visi dan misi serta tanya jawab. Mereka adalah Syafri Adnan Baharuddin, Sapto Amal Damandari, Fadjar OP Siahaan, Emita W Astami, Fontian Munzil, M Zaeni Aboe Amin, Tubagus Haryono, Dharma Bhakti, Nursanita Nasution, Porhas Lumban Tobing, Eddy Rasyidin, Farid Prawiranegara, Ario Wijanarko, Agung Firman Sampurna, Jupri Bandang, dan Drs Hasril Muthalib.

"Dua anggota BPK yang dipilih DPR diambil dari 17 calon anggota BPK yang direkomendasikan DPD," ujar Ketua Komite IV DPD Cholid Mahmud, didampingi dua wakilnya Litha Brent, dan Hasbi Anshory, saat jumpa pers di ruang press room DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (1/2).

Komite IV DPD menilai, 17 calon tersebut di atas memperoleh nilai tertinggi di antara 35 calon yang diseleksi. Kriteria penilaiannya ialah kecocokan (integritas dan kepemimpinan) dan kompetensi (pendidikan dan pengalaman).

“Pemetaan kecocokan dan kompetensi berbentuk kuadran yang dilakukan setelah penelaahan berkas administrasi, pemaparan visi dan misi serta tanya jawab, dan penentuan urutan nilai yang diperoleh setiap calon anggota BPK,” imbuh Hasbi Anshory.

Ke-35 calon anggota BPK disampaikan DPR tanggal 29 Desember 2011. Mengingat terdapat dua anggota BPK yang masa jabatannya berakhir, 17 calon anggota BPK direkomendasikan sebagai pertimbangan DPD kepada DPR dalam pemilihan anggota BPK.

“Pertimbangan DPD disampaikan tertulis kepada DPR dalam jangka waktu paling lama satu bulan terhitung sejak tanggal surat DPR,” kata Hasbi Anshory. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... DPD Sahkan Pansus Konflik Agraria


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler