DPR Desak Polri Cepat Bekuk Buron Century

Rabu, 06 Juni 2012 – 16:55 WIB

JAKARTA – Pimpinan Tim Pengawas Century DPR, Priyo Budi Santoso, mengapresiasi langkah Polri dalam mengusut kasus mega skandal Bank Century. Namun, DPR mendesak Polri untuk segera menangkap para buronan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus mega skandal ini.

“Meskipun demikian tadi ada sedikit masukan (kepada Polri) untuk tetap konsentrasi di sentrum gempanya itu yakni orang-orang yang dijadikan tersangka maupun yang sekarang masuk jadi DPO. Itu yang perlu dikejar sampai dapat,” kata Priyo, usai memimpin rapat Timwas Century DPR dengan Polri, Rabu (6/6), di Jakarta.

Selain menangkap DPO, DPR juga meminta Polri untuk segera meminta Bank Mutiara menindaklanjuti keputusan pengadilan supaya mengembalikan kekayaan para nasabah.

“Polri tidak mengeluh, memang tidak mudah mengusut itu semua. Tapi, kami meminta jajaran penegak hukum untuk mengusut aset itu agar tidak terbengkalai hanya gara-gara kita alpa,” ujar dia.

Lebih jauh dia menegaskan, DPR ingin secepatnya kasus Century ini tuntas. Namun, itu semua terpulang kepada penegak hukum, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung, dan Polri. “Inginnya kami dalam semester ini semua sudah selesai,” kata politisi Partai Golkar itu.

Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jendral Polisi Sutarman mengatakan, Timwas Century DPR memberikan apresiasi kepada kepolisian dalam menyelesaikan kasus tersebut. “Banyak apresiasi yang diberikan anggota timwas kepada penyidik Polri karena kita menangani dari aspek UU Perbankan, UU Tindak Pidana Umum, UU TPPU,” katanya usai rapat itu.

Ia menambahkan, sudah banyak progress penanganan Century dan semuanya dilaporkan kepada DPR. Menurut dia, sejauh ini sudah ada 37 tersangka.  Dari 37 tersangka itu ada 40 berkas perkara. Dari jumlah itu, yang sudah divonis ada 14 berkas. Dalam proses penuntutan tujuh berkas, yang menunggu sidang ada tiga berkas.

“Jadi, tiap-tiap progressnya kita laporkan ke DPR,” ungkap Sutarman. Dia juga menjelaskan, pihaknya terus memonitor gerak-gerik para buronan di luar negeri. “Kita monitor terus,” tegasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo-JK Paling Diminati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler