DPR Dukung Wacana Pemindahan Ibu Kota

Selasa, 10 September 2013 – 11:06 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR RI Marzuki Alie mendukung wacana pemindahan ibu kota. Sebab, kota pemerintahan harus dipisahkan dari kota bisnis atau industri.

Menurut Marzuki, keputusan politik tentang pemindahan tersebut bisa dilakukan saat ini. "Implementasinya dilakukan pemerintah pemerintahan berikutnya," katanya saat dihubungi, Selasa (10/9).

BACA JUGA: Cegah Teror, TNI Siapkan Pasukan Super Spesialis

Marzuki tak memungkiri untuk memindahkan pusat pemerintahan pasti perlu waktu. Meski begitu, dia yakin pemindahan tersebut bisa diselesaikan dalam satu masa atau periode pemerintahan.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR Teguh Juwarno menyetujui pemindahan ibu kota negara. Dengan begitu akan terjadi pemerataan pembangunan dan memberi ruang untuk membenah Jakarta. Sehingga, Jakarta bisa menjadi kota yang nyaman dan layak.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Siap Tanggung Biaya Sekolah Anak Korban

Namun, Teguh menambahkan, untuk mewujudkannya diperlukan seorang pemimpin yang memiliki visi ke depan dan ketegasan. "Dengan ketegasan sikap pemimpinnya maka pemindahan ibu kota negara seperti Malaysia, Kazakstan, Brazil, dan lain-lain bisa terwujud," katanya.

Jika pemindahan dilakukan, Teguh menjelaskan, lebih baik ibu kota dipindahkan ke satu wilayah di Kalimantan. Sebab, wilayah itu bebas gempa dan belum padat penduduk.

BACA JUGA: Kejaksaan Buka 1000 Lowongan CPNS

"Sehingga tidak harus banyak menggusur dan bisa di desain untuk 100 tahun ke depan," kata Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional ini. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BNN Buka Lowongan Intel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler