DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Ada Lagi Insiden Berebut Bantuan di Lokasi Bencana

Senin, 18 Januari 2021 – 21:26 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta pemerintah fokus dan sigap melaksanakan tanggap darurat penanggulangan dampak bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Bantuan yang diperlukan harus diberikan kepada pengungsi dan warga terdampak bencana alam di seluruh wilayah tanpa terkecuali dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

BACA JUGA: BTN Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sulbar dan Kalsel

"Melihat sejumlah bencana alam terjadi di berbagai daerah Indonesia pada awal 2021 dan masih minimnya penanganan serta bantuan, terbukti bahwa bantuan yang tersalurkan belum merata," kata Azis, Senin (18/1).

Oleh sebab itu, pimpinan DPR bidang koordinasi politik, hukum, dan keamanan itu meminta pemerintah mengawal dan mendata korban terdampak bencana secara akurat supaya tidak ada lagi insiden perebutan bantuan di lokasi bencana.

BACA JUGA: LaNyalla Berduka, Ulama Karismatik Habib Muhammad bin Ahmad Al-Attas Meninggal Dunia

Azis juga mengimbau seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah rawan untuk mewaspadai terjadinya bencana alam, termasuk memonitor peringatan dini potensi kebencanaan sehingga dapat mengevakuasi diri bila akan terjadinya bencana alam.

Mantan ketua Komisi III DPR itu meminta pemerintah dapat melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh.

BACA JUGA: Nasrun Dijemput Paksa oleh Jaksa, Langsung Ditahan

Kementerian Sosial (Kemensos) dan Dinas Sosial di daerah, diminta untuk mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu proses evakuasi dan mendistribusikan bantuan kepada korban bencana alam.

Kemensos dan pemda juga mesti mendata keperluan para pengungsi dan menyalurkan bantuan yang diperlukan secara tepat.

"Seperti membangun dapur umum untuk menyediakan makanan, dan memberikan pakaian dan selimut layak pakai, serta kebutuhan lainnya," ujarnya.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PLN, PT Telkom harus segera membuka akses ke wilayah terdampak bencana, memperbaiki jalan yang rusak dan jalur dan pemancar komunikasi serta dapat menghidupkan aliran listrik.

Menurut dia, upaya itu bertujuan untuk mempermudah proses distribusi bantuan serta membangun tempat pengungsian yang layak dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

"Mari kita saling bergotong royong agar penyaluran bantuan dan para korban mudah melakukan komunikasi dan koordinasi," pintanya.

Lebih jauh Azis menyampaikan turut berdukacita untuk seluruh korban meninggal dunia dalam bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah.

Politikus asal Lampung ini juga turut prihatin atas terjadinya bencana alam yang menyebabkan korban luka, serta rusaknya tempat tinggal penduduk.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi membantu korban yang terdampak bencana alam dengan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan para korban," tambah Azis.(boy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler