DPR: Sebetulnya Menag RI Butuh Masukan Banyak Pihak

Sabtu, 12 September 2015 – 14:35 WIB
Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyarankan kepada Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin untuk bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sehingga pada saat yang bersamaan, melalui jalur ketua rombongan atau kloter, bisa diberitahu kepada para jemaah untuk menghindari daerah badai. Kecuali memang hal-hal yang tidak bisa dihindari, seperti pada hari Arofah, itu tidak bisa dihindari, tapi hari lain bisa.

“Sebetulnya, terkait pengelolaan jemaah haji, Menag RI butuh masukan dari banyak pihak, sehingga berbagai perubahan cuaca tidak menimpa masyarakat kita,” ujar Fahri Hamzah kepada wartawan, Sabtu (12/9).

BACA JUGA: Lihat Nih, Penampilan Berbeda Mendag Thomas Dibanding Menteri Lainnya

Menurut Fahri, tidak ada badai saja, banyak jemaah kesulitan. Apalagi ada badai. Untuk jemaah haji, Fahri berharap agar tetap berhati-hati dan tidak perlu melakukan hal-hal yang diluar rukun dan kewajiban haji, sambil melihat situasi jangan sampai terlambat untuk mengantisipasi.

Untuk diketahui, hujan badai dan angin deras membuat crane di Arab Saudi tumbang dan menaranya jatuh ke bagian dalam Masjidil Haram disaat jutaan para penjiarah dari berbagai negara di dunia sedang melaksanakan ibadah haji.

BACA JUGA: Ini Kata Pengamat Ibadah Haji soal Tragedi Masjidil Haram

Setidaknya 65 orang dinyatakan tewas di altar masjid utama masjidil haram tersebut. Rilis resmi pemerintahan kerajaan Arab Saudi bidang pertahanan dan keamanan melalui Twitter menyebutkan lebih dari 150 korban terluka dalam kecelakaan tersebut.

Dilansir dari BBC, pihak otoritas Arab Saudi belum mengetahui apa penyebab dari kecelakaan tersebut.

BACA JUGA: Pansus Pelindo Ingin Pastikan Buwas Dikorbankan

Namun beberapa gambar yang diabadikan menunjukkan bahian dari palang crane berwarna merah tersebut patah dan jatuh menghantam atap masjid disaat Mekkah sedang mengadakan musim haji tahunan. (fas/fri/BBC/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andai Saja Kemenag Tanggap soal Cuaca Ekstrim Melanda Tanah Suci....


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler