DPRD Batam Habiskan Rp20 Miliar untuk Melancong

Sabtu, 08 September 2012 – 14:09 WIB
BATAM KOTA - DPRD Batam termasuk pihak yang rajin melakukan perjalanan dinas ke luar daerah. Betapa tidak, dalam setahun sedikitnya 48 kali dijadwalkan perjalanan ke luar Batam. Untuk memuluskan kegiatan itu, DPRD Batam menganggarkan Rp20 miliar. 

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DPRD Kota Batam Marzuki saat ditemui di ruangannya, Kamis (6/9).Ia mengatakan dari anggaran yang dihabiskan dewan untuk dinas luar Kota tersebut, 40 persen di antaranya untuk biaya transportasi.

"Yang paling banyak itu adalah untuk transportasi. Kemudian untuk uang operasional selama kegiatan dinas tersebut dilaksanakan,"kata Marzuki.

Marzuki mengatakan dinas luar yang dilakukan anggota ddewan di antaranya penugasan, konsultasi dan kunjungan kerja.Biaya yangg dikeluarkan sekretariat itu berbeda beda tergantung dari jauh-dekatnya daerah tujuan kunjungaan.

Untuk kunjungan kerja seorang anggota dewan di luar kota bisa sampai tiga harri dengan uang langsam Rp 2juta per hari. Sementara untuk biaya transportasi bentuknya at cost, yaitu anggota dewan hanya bisa mengklaim uang transportasi sesuai dengan yang tertera di tiket.

"Kita memberikan uang saku, uang operasional mereka tergantung berapa lama mereka mengadakan kunjungan. Kalau ada kelebihan uang tersebutt harus dikembalikan ke sekretariat,"kata Marzuki.

Sementara kunjungan kerja ke luar negeri yang dilakukan DPRD Kota Batam akan menghabiskan anggaran Rp 2,2 Miliar untuk tujuan beberapa negara di ASEAN. Bahkan komisi III di DPRD kota Batam sudah selesai melakukan kunjungan kerja ke Thailand dan Vietnam, sementara tiga komisi lainnya akan menyusul.

"Yang tiga komisi lainnya pasti akan berangkat. Seharusnya satu komisi saat ini sudah harus berangkat, tetapi kita masih menunggu persetujuan dari dubes di negara tujuan," kata Marzuki.(ian/fuz/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Shelter Tsunami Dibangun Di Pariaman

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler