Drama Toy Story 4 Akhirnya Tamat

Rabu, 11 April 2018 – 20:10 WIB
Toy Story 4. Foto: Pixar

jpnn.com - Sebaris tanggal, JUNI 21 2019, plus foto post-it notes merah dan kuning yang disusun berbentuk angka empat diunggah sutradara Toy Story 4, Josh Cooley pada Senin lalu (9/4).

Unggahan itu mengakhiri perdebatan (sekaligus penantian fans) soal tanggal tayang Toy Story 4. Fans happy meski itu berarti mereka masih harus menunggu setahun lagi.

BACA JUGA: Bao: Siomay Imut Pixar Mencuri Perhatian

Lanjutan cerita petualangan Sheriff Woody dan Buzz Lightyear tersebut sudah direncanakan sejak 2014. Saat itu CCO Pixar Animated Studios John Lasseter diplot sebagai sutradara. Rashida Jones dan Will McCormack yang menulis naskah.

Film tersebut diproyeksi tayang pada Juni 2017. Namun, ide itu batal terlaksana. Sebab, pihak tim produksi mengalami masalah di tahap pengembangan dan praproduksi.

BACA JUGA: Coco Berjaya di Academy Awards

Pada Oktober 2015, jadwal Toy Story 4 dipastikan mundur hingga 2018. Alasannya, naskah film bermasalah. Pihak Pixar beralih ke proyek The Incredibles 2.

Film besutan Brad Bird tersebut sudah mulai digarap pada 2015. Alhasil, The Incredibles 2 siap tayang pada Juni nanti, menggantikan slot Toy Story 4.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Coco Layak Ditonton Berkali-kali

Masalah belum selesai. Juli tahun lalu, Lasseter mundur sementara dari Pixar akibat skandal pelecehan terhadap pegawai perempuan. Keputusan itu membuat Cooley maju sebagai sutradara Toys Story 4.

Pria yang mengawali karir sebagai storyboard artist tersebut lantas menunjuk Jonas Rivera yang dikenal lewat proyek animasi Coco sebagai co-director.

Komposisi berubah lagi pada November 2017. Duo penulis naskah, Jones-McCormack, meninggalkan Toys Story 4, mengikuti keputusan vakum yang diambil Lasseter. Penulis naskah (yang tidak masuk credits) Thor: Ragnarok, Stephany Folsom, ditunjuk menggantikan keduanya di awal tahun ini.

Dengan pergantian itu, Pixar otomatis hanya mempunyai waktu kurang dari dua tahun buat menyiapkan lanjutan franchise yang berawal pada 1995 tersebut. Terlebih, proyek itu adalah animasi.

Proses reshoot dan editing-nya membutuhkan waktu lebih ketimbang film live action. Namun, produksi bermasalah bukan hal baru buat Pixar.

Mereka berpengalaman melakukan itu ketika menggarap Toy Story 2. Awalnya, proyek tersebut akan dikemas langsung dalam format CD. Namun, Disney memaksa Toy Story 2 dirilis di bioskop.

Tim hanya memiliki waktu sembilan bulan untuk menyelesaikan film yang dibintangi Tom Hanks dan Tim Allen itu. Namun, perjudian tersebut berbuah manis. Film yang rilis pada 19 November 1999 itu berhasil mengumpulkan USD 497,4 juta (Rp 6,842 triliun). (Collider/fam/c20/na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ssst..Ini Bocoran Film yang Bakal Dirilis Disney 2019


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler