Dua Mantan Menpora Dukung Tokoh Riau Ini jadi Menteri

Minggu, 28 September 2014 – 22:10 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Setelah mantan Mendagri Syarwan Hamid dan tiga ormas pemuda (Pemuda Muhammadiyah, HMI dan GMNI), kini giliran dua mantan Menpora memberikan dukungan kepada tokoh muda dari Riau, Alfitra Salam untuk menjabat sebagai Menpora.

Menurut Menpora era Presiden Gus Dur, Mahadi Sinambela, secara karir, Ketua Persatuan Masyarakat Riau (PMRJ) itu memiliki pengalaman manajemen. Demikian juga terkait urusan kepemudaan dinilai tidak terlalu sulit, Apalagi jika Alfitra juga sebelumnya telah memperoleh dukungan dari Ormas Pemuda besar.

BACA JUGA: IPW Sarankan Jokowi Cermati Pemilihan Kabaintelkam Polri

"Tidak ada masalah, jika Jokowi mau pakai Alfitra Salam. Dia bagus, berpengalaman dan secara administrasi ada ketrampilan manajemen. Saya tak keberatan, karena Alfitra sudah ada "di dalam". Jadi dia memiliki kapabilitas untuk selangkah lagi menjadi Menpora, apalagi dia juga orangnya low profile," kata Mahadi Sinambela di Jakarta, Minggu (28/9).

Mahadi menyambut positif adanya unsur keterwakilan daerah untuk masuk dalam komposisi kabinet Jokowi-JK. Yang penting orang itu kapabel, cocok karena untuk mengurusi pemuda jangan terlalu banyak bicara ke luar.
"Mengurus Kemenpora itu yang penting itu kerja. Kita harus intensif mendatangi atau menemui Ormas pemuda dan pimpinan pengurus olahraga termasuk atlet-atletnya," katanya.

BACA JUGA: Jokowi-JK Beri Penghargaan untuk Pokja Transisi dan Relawan

Hal senada dikatakan mantan Menpora Hayono Isman. Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat ini menegaskan harus ada representasi daerah dalam kabinet presiden, bukan cuma kabinet Jokowi-JK, tapi semua kabinet Indonesia.

Menyoal sosok Alfitra Salam, Hayono mengaku telah mengenal baik dan layak dipertimbangkan untuk menjadi Menpora dalam kabinet periode 2014-2019 mendatang. Dengan memulai karir dari bawah dan saat ini menjabat Menpora, Alfitra kata Hayono, juga dinilai dekat dengan Ormas Kepemudaan karena sebelumnya juga menjabat Deputi I Pemberdayaan Pemuda di Kemenpora. Selama menjadi Deputi Alfitra memberi dukungan positif terhadap OKP. Dia juga banyak membantu Menpora dalam menyelesaikan masalah dualisme kepengurusan PSSI.

BACA JUGA: Pergantian Honorer K2 Bodong Dimulai Oktober

"Jadi saya yakin dia akan mampu menjabarkan visi misi kabinet Jokowi-JK bidang pemuda dan olahraga, karena penghayatan beliau kepada tugas baik. Dia juga tak ada cacat masalah korupsi dan moral, itu modal yang ada di Alfitra Salam, " ujarnya.

Dukungan penuh juga diberikan oleh senator dari provinsi Riau Abdul Gafar Usman. Menurutnya presiden dan wapres terpilih sudah sepatutnya mempertimbangkan kader-kader atau birokrat yang dianggap potensial dan profesional. Langkah presiden dan wapres itu juga sebagai implementasi NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika secara personal dan diperlukan masyarakat.

Soal sosok Alfitra Salamm, Gafar menyatakan tak perlu diragukan lagi rekam jejaknya di birokrasi, kemasyarakatan, kepemudaan maupun keilmuwan.

"Dia punya kemampuan dan bisa dipertimbangkan masuk formasi di kabinet 2014-2019, " kata Ketua KNPI Riau 1985-1988 itu.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Garuda Sudah Terbangkan 82.961 Jemaah Haji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler