Dua Pengurangan Poin Kalahkan Khan

Senin, 12 Desember 2011 – 07:25 WIB

WASHINGTON - Tanah Amerika memberikan kekecewaan pada petinju Inggris Amir KhanSesumbar mempertahankan gelar juara kelas welter ringan versi WBA dan IBF tak terwujud

BACA JUGA: Barca Kudeta Madrid



Alih-alih memenangkan duel dengan meyakinkan, Khan malah mengalami kekalahan kedua dalam karir profesionalnya
Dia mendapatkan kekalahan dari petinju tuan rumah, Lamont Peterson, dalam pertarungan yang dilangsungkan di Walter E

BACA JUGA: Mesra Saat Nonton Opera

Washington Convention Center, Washington, AS, Minggu (11/12)


Khan dinyatakan kalah angka

BACA JUGA: Usung Tradisi Pendahulu

Satu hakim pertandingan memberikan kemenangan 115-110 untuk Khan, tapi dua lainnya memenangkan Peterson 113-112.

Tiga hakim menunjukkan perhitungan poin sama kuat sebelum memasuki ronde terakhirDi ronde ke-12, Khan mendapatkan pengurangan poin setelah mendorong PetersonSebelumnya, di ronde ketujuh, dia juga mendapatkan pengurangan poin dari wasit Joe Cooper akibat hal yang sama.

"Saya tak heran jika tidak banyak pertarungan besar terjadi di kota iniItu karena keputusan buruk yang keluar seperti yang saya dapatkan sekarang," ujar Khan, seperti dikutip AFP.

Khan pantas memendam amarahDia mampu memukul jatuh Peterson di ronde pertama, hingga mendapatkan hitunganBeberapa ronde berikutnya pun Khan masih dominan.

"Saya naik ring untuk berhadapan dengan Lamont dan wasitWasit sedikit berpihak padanyaKetika Anda datang ke kandanganya, Anda mengawali pertarungan dengan ketinggalan dua poinSaya memukulnya, tapi tak bisa mengalahkan dia," lanjut Khan.

"Beberapa commissioner mendatangi saya usai pertarungan, mereka juga mengatakan keputusan pertandingan sungguh payahBahkan, Lamont pun terkejut dia bisa menang," lanjutnya.

Kekalahan tersebut turut menghambat perjalanan karir KhanSebelum laga, Khan berkoar akan mendapatkan kemenangan meyakinkan sebagai penanda pertarungan terakhirnya di kelas welter ringanDia berambisi naik ke kelas welter untuk mencicipi tantangan baru melawan banyak petinju hebat.

Tapi, kekalahan itu membuatnya harus kembali melihat ke belakangDia menginginkan rematch alias tarung ulang"Ini tinju, anda hidup dengan kesempatan lain di dalamnyaSaya meminta rematch, secepat mungkinSaya ingindua gelar saya kembaliSaya kira semua orang tahu saya menang kali ini," tegasnya.

Promotor dari Golden Boy Promotions Oscar De La Hoya yang duel tersebut juga merasa heran dengan keputusan wasit yang mengurangi poin Khan di ronde terakhirDe La Hoya mengakui pengurangan di ronde ketujuh masih bisa diterima, tapi yang terjadi di ronde terakhir membuat kontroversi merebak dan hal itu amat disayangkannya.

"Apa yang terjadi? Jika pengurangan tak dilakukan di ronde terakhir, mungkin akan drawJika kedua pengurangan poin tak dilakukan, jelas Amir Khan pemenangnya," urai De La Hoya.

Peterson menyambut dingin seruan dari kubu KhanHanya saja, dia siap jika rematch dilakukan dalam waktu dekat, biar pun dilakukan di Inggris"Saya tak keberatan melakukannya (di Inggris)Asalkan kesepakatannya benarSemuanya harus benar," kata Peterson(ady/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tertarik Latih AS Roma


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler