Dua Posisi Kementerian Akan Kosong

Kamis, 11 April 2013 – 13:20 WIB
JAKARTA - Pihak Istana Kepresidenan menyebutkan bahwa kemungkinan dalam waktu dekat akan ada posisi kementerian yang kosong. Di antaranya, Kementerian Keuangan karena Menteri Agus Martowardojo akan menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Mari saat ini masuk dalam bursa calon direktur jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Pos untuk Menkeu akan kosong. Kalau diasumsikan Marie Elka juga terpilih menjadi dirjen WTO, maka posisi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif juga akan kosong. Dan itu berarti akan ada pergantian juga di sana," ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/4).

Meski akan ada kekosongan, Julian mengaku belum dapat memaparkan nama-nama pengganti untuk Agus dan Mari Elka. Menurutnya, saat ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tengah mempertimbangkan beberapa nama.

"Saya belum bisa memastikan, tapi Presiden masih mempertimbangkan siapa yang tepat menurut beliau. Terutama untuk Menkeu," pungkas Julian.

Seperti diketahui, Agus Marto terpilih sebagai Gubernur BI dalam sidang paripurna DPR-RI untuk periode 2013-2018. Agus menggantikan Darmin Nasution yang akan berakhir masa jabatannya Mei 2013 sebagai gubernur BI. Saat ini dia masih menjadi Menkeu defenitif hingga dicari penggantinya oleh Presiden.

Sementara itu,  nama Mari Elka sudah muncul di bursa calon Dirjen WTO bersama sembilan tokoh lain dari pelbagai negara. Reputasi mantan menteri perdagangan ini menanjak ketika memperjuangkan proposal bantuan lunak bagi negara berkembang pada Putaran Doha. Jika terpilih, maka Mari akan menggantikan Direktur Jenderal WTO saat ini, Pascal Lamy yang akan habis masa kerjanya Agustus mendatang. Keputusan seleksi calon dirjen WTO akan diambil paling lambat 31 Mei 2013. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tersangkut Korupsi Alquran, Zulkarnaen Diberhentikan di DPR

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler