Dua PTS Ini Sediakan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi

Sabtu, 15 April 2017 – 13:42 WIB
Mahasiswa. Ilustrasi Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Momentum berakhirnya ujian nasional jenjang SMA/MA/SMK/ sederajat dimanfaatkan perguruan tinggi untuk menarik minat para calon mahasiswa.

Untuk perguruan tinggi negeri (PTN), terbilang mudah untuk menggaet calon mahasiswa.

BACA JUGA: Mahasiswa Harus Lebih Peka Terhadap Masalah Sosial

Berbeda halnya dengan perguruan tinggi swasta (PTS) yang masih anyar, seperti Universitas Pertamina, dan Podomoro University.

PTS ini harus memasang berbagai strategi untuk bersama dengan perguruan tinggi lainnya.

BACA JUGA: Asosiasi Perbankan Korea Kucurkan Beasiswa Untuk RI

Podomoro University memberikan konsep pendidikan berkualitas internasional (Do Learn). PTS ini juga memberikan kesempatan magang bagi mahasiswanya baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu lulusan universitas ini punya peluang besar untuk‎ bergabung di grup Agung Podomoro. Meski sebagian bercita-cita menjadi entrepeneur.

BACA JUGA: 4 Putera Asli Papua Sandang Gelar S1 Pertambangan ITB

"Anak-anak kuliah karena ingin cari kerja kan. Nah di tempat kami ada kesempatan untuk itu, tapi harus melalui tes," kata Edvi Gracia, Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat‎, Sabtu (15/4).

Saat ini ada ribuan lulusan SMA/SMK sederajat berebut kursi yang jumlahnya terbatas di PTS tersebut. Mereka melalui jalur biasa atau regular dan beasiswa.

Beasiswa ini bisa diakses oleh siapa saja dan sangat beragam termasuk untuk siswa berprestasi akademik maupun non-akademik seperti di bidang seni atau olah raga.

Edvi menjelaskan, beasiswa yang disiapkan 100 persen dan ada beasiswa SPP. Untuk yang 100 persen, mahasiswanya tidak membayar hingga selesai kuliah.

Sedangkan untuk beasiswa SPP, selama empat tahun mahasiswa gratis SPP dan hanya membayar uang kegiatan lainnya.

Sementara Universitas Pertamina, meski baru tahun kedua ini menerima mahasiswa baru tapi peminatnya cukup tinggi.

Sekitar dua ribuan orang hari ini mengikuti ujian masuk yang digelar serentak pada sembilan kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Medan Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar. Mereka akan bersaing untuk merebut kursi yang disiapkan sekira 1.300.

Menurut Pristy, humas Universitas Pertamina, pihaknya memberikan kesempatan bagi para peserta berprestasi yang tidak mampu secara finansial untuk mendapatkan beasiswa. ‎Sebanyak 648 orang dari 2.125 peserta mendaftar di program beasiswa ini.

"Mahasiswa berprestasi di Universitas Pertamina juga diberikan kesempatan bergabung di perusahaan BUMN ini. Namun, harus tetap melalui serangkaian tes,‎" ujar Pristy. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Geger! Mahasiswa Terjun dari Lantai 3 Kampus Perbanas


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler