Dua Ujicoba Batal, Ganti Format Kompetisi

Senin, 08 Maret 2010 – 05:43 WIB
Foto: AP.
SANTIAGO - Gempa dahsyat melanda Cile pada 27 Februari laluAkibatnya, setiap sendi masyarakat terganggu

BACA JUGA: Politisi Desak Pemecatan Domenech

Termasuk persiapan timnas Cile jelang tampil pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Sejatinya, timnas Cile mempersiapkan dua pertandingan persahabatan pada Maret
Mereka akan berhadapan dengan Kosta Rika pada 3 Maret lalu dan akan menghadapi Korea Utara pada 11 Maret

BACA JUGA: Portugal ke Afrika Selatan Tanpa Bosingwa

Namun, kedua partai uji coba itu dibatalkan.

Persiapan Cile menghadapi Piala Dunia 2010 terganggu akibat gempa berkekuatan 8,8 skala richter yang melanda pada 27 Februari lalu
Berbagai infrastruktur rusak parah

BACA JUGA: Three Lions Menepis Problem

Sekarang, pemerintah Cile lebih fokus menangani korban gempa.

Apalagi, hingga saat ini sudah lebih dari 800 jiwa melayangKondisi yang jelas memberikan pengaruh besar bagi setiap sendi kehidupan negara yang berada di Amerika Latin ituSituasi yang jelas akan berpengaruh bagi persiapan timnas Cile.

"Sepak bola tidak bisa dilepaskan dari kekacauan yang terjadi saat iniSekarang kami sedang menghadapi tragediYang harus jadi perhatian adalah kebutuhan mendesak para korban," beber Harold Mayne-Nicholls, presiden FFC (asosiasi sepak bola Cile), seperti dikutip Reuters.

Banyak hal lain yang sekarang menjadi perhatian seluruh masyarakat di CileBukan berarti persiapan menuju Piala Dunia 2010 tidaklah penting"Akan ada waktu yang diberikan untuk sepak bola, tapi bukan saat ini," ujar Mayne-Nicholls.

Situasi ini akan menjadi tambahan beban bagi tim besutan Marcello BielsaPada Piala Dunia 2010 mendatang, mereka akan tergabung dalam grup H bersama dengan Spanyol, Honduras, dan SwissLawan pertama mereka adalah Honduras, 16 Juni nanti.

Beruntung tidak ada korban dari skuad timnas Cile pada gempa ituKebetulan, rata-rata anggota skuad Cile merupakan pemain yang membela klub luar negeri, terutama klub-klub EropaHanya segelintir pemain klub lokal yang dipanggil Bielsa.

Selain persiapan menuju Piala Dunia 2010 terganggu, kompetisi di Cile pun terpaksa harus berubah formatKalau biasanya kompetisi dibagi dalam dua format yakni Torneo Apertura dan Torneo ClausuraTahun ini, hanya satu.

Seharusnya, seiring dengan tembusnya Cile ke Piala Dunia 2010, FFC membuat merubah beberapa format kompetisiTidak ada lagi format playoff untuk penentu pemenangDan, kompetisi Apertura dihelat dengan format round-robin.

Kemudian, format yang sama akan diberlakukan pada ClausuraTapi, seiring dengan gempa yang melanda, terpaksa formatnya digabung"Musim ini hanya ada satu kompetisi nasional dan akan ditunda hingga 9 Mei," rilis ANFP (otoritas pelaksana Liga), di situs resmi.

"Kami akan memberikan waktu kepada timnas untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia 2010 Afrika SelatanKami akan membicarakan dan memberi keputusan tentang kompetisi pada Jumat (12/3) mendatang," lanjutnya(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Debutan Azzurri Menuai Pujian


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler