Ducati Bakal Lebih Gila di MotoGP 2018

Selasa, 02 Januari 2018 – 08:56 WIB
Jorge Lorenzo (kiri) dan Andrea Dovizioso. Foto: lastampa

jpnn.com, BOLOGNA - Pengorbanan Ducati untuk bisa membangun motor kompetitif di MotoGP berbuah hasil positif musim kemarin. Salah satu rider-nya, Andrea Dovizioso mampu bersaing ketat dengan Marc Marquez (Honda).

Nah, saat pengembangan motor di musim dingin sekarang ini, skuat Bologna sudah sampai pada fase krusial, yakni memperbaiki performa Desmosedici agar mampu berakselerasi lebih mudah di tengah tikungan alias mid corner.

BACA JUGA: Marc Marquez Hengkang ke KTM?

Bukan perkara instan untuk membangun motor sehebat Desmosedici GP17. Apalagi setelah Ducati kehilangan si jenius Casey Stoner yang hengkang ke Honda pada 2010. Banyak elemen unik, khas Ducati harus dikorbankan demi menjinakkan Desmosedici yang terkenal liar.

Pertama mengganti sistem pengapian dari screamer menjadi big bang. Itu dilakukan ketika Valentino Rossi datang pada musim 2011 setelah hengkang dari Yamaha. Perubahan ini menjadikan mesin Ducati yang liar dan meledak-ledak, lebih halus. Kedua, chassis dengan bahan karbon fiber juga dibuat sesaat sebelum Rossi memutuskan menyerah dengan Ducati dan pulang ke Yamaha pada 2012.

BACA JUGA: Gara-Gara Andrea Dovizioso, Valentino Rossi jadi Begini..

Setelah Gigi Dall'Igna bergabung dengan Ducati pada 2014, perputaran arah crankshaft juga diubah. Tujuannya untuk memperbaiki steering supaya lebih mudah diajak menikung.

Setelah serangkaian evolusi tersebut dilakukan, tibalah saat Ducati berada pada tahap krusial di mana mereka harus memperbaiki performa Desmosedici di mid corner menjadi lebih mirip dengan Honda atau Yamaha.

BACA JUGA: Bayangkan jika Marc Marquez Membalap dengan Ducati

Bukan berarti Ducati meng-copy paste apa yang dilakukan pabrikan lain. Namun semuanya memang tidak bisa lepas dari pengaruh ban. Dengan datangnya Michelin menggantikan Bridgestone pada 2016 mau tidak mau semua motor harus beradaptasi.

Alhasil, sifat motor MotoGP saat ini menjadi lebih homogen karena harus menyesuaikan dengan karakter Michelin. Semakin sedikit perbedaan Ducati dengan motor rival, maka Ducati bisa semakin gila. Inilah yang membuat Dall'Igna merasa perlu mendatangkan Jorge Lorenzo untuk mendukung pengembangan motor.

Dia mengharapkan, mantan mitranya di Aprilia itu membawa teknologi Yamaha untuk dicangkokkan ke Ducati agar motor lebih mudah dikendarai siapapun. Ingat, Lorenzo sudah delapan musim bersama Yamaha dan tidak pernah membalap dengan motor lain sejak naik ke kelas MotoGP.

"Basis motor ini (Ducati) sudah sangat kuat. Saat ini kami bekerja membangun motor seperti yang diinginkan Jorge," ungkap Kepala Mekanik Lorenzo Christian Gabbarini. Sebelum ini, Gabbarini sudah pernah bekerja di Ducati sebagai kepala mekanik Casey Stoner.

Dengan fokus pengembangan tersebut Gabbarini yakin motor 2018 akan semakin pas dengan gaya balap Lorenzo."Komentar dan masukan dia (Lorenzo) sama dengan pendapat rider Ducati lainnya, " tambah Gabbarini.

Namun jika melihat pengembangan motor usai kedatangan Lorenzo di Ducati justru Dovizioso yang langsung tampil menonjol. Menang enam kali sepanjang 2017. 

Bandingkan dengan Lorenzo yang belum merasakan kampiun. Tentu yang pertama lantaran Dovi sudah lima tahun bersama Ducati. Setiap evolusi dikenalnya dengan baik. Sedangkan kedatangan Lorenzo, mengonfirmasi sebagian besar keluhan Dovi sebelumnya.

Selain itu, meski gaya balap Dovi dan Lorenzo berbeda, tapi perbedaannya tidak seperti bumi dan langit. Meski demikian, Ducati tidak keberatan mengembangkan motor dengan menyesuaikan dengan dua rider sekaligus.

''Tentu, membutuhkan upaya lebih dari pabrikan. Tapi hal positifnya adalah kami bisa belajar lebih banyak karena kami mendapatkan banyak hal positif dari dua pembalap sekaligus,'' lanjut Gabbarini.

Dalam perkembangannya, ternyata ketika masukan dari Jorge Lorenzo dituruti oleh pabrikan, dampak positifnya langsung dirasakan oleh pembalap lainnya. ''Memang ada risiko kami kehilangan arah saat mengembangkan motor dengan dua arah sekaligus. Tapi Gigi (Dall'Igna) sangat cerdas dalam memahami sesuatu dan kemudian memutuskan “ya” atau “tidak”,'' paparnya.

Dovizioso sendiri setelah melakukan uji coba post season di Valencia menyatakan tidak menuntut banyak dari motor Ducati 2018 nanti. ''Asal bisa berbelok sedikit lebih baik saja sudah cukup,'' yakinnya. (cak)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MotoGP Malaysia jadi Balapan Terbaik 2017


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler