Dukung Cyber Education, PalmCo Salurkan 28 Komputer ke Sekolah Remote Area di Riau

Rabu, 11 September 2024 – 01:08 WIB
Sub Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo, mendistribusikan 28 komputer beserta paket internet gratis kepada 28 sekolah di wilayah remote di sekitar Perkebunannya di Riau. Foto dok PalmCo

jpnn.com, RIAU - Sub Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo, mendistribusikan 28 komputer beserta paket internet gratis kepada 28 sekolah di wilayah remote di sekitar Perkebunannya di Riau.

Melalui program Cerdas Bersama Regional III, perusahaan menyalurkan puluhan unit personal computer (PC) lengkap dengan paket internet gratis selama satu tahun kepada 28 sekolah di sekitar perusahaan.

BACA JUGA: Targetkan 60 Ribu Ha Peremajaan Sawit Rakyat, PalmCo Gandeng Semua Petani di Indonesia

Region Head PTPN IV Regional III Rurianto menjelaskan melalui program tersebut, perusahaan berupaya membantu sekolah-sekolah di areal terpencil untuk mewujudkan Cyber Education dan terhubung ke dunia luar melalui jaringan internet yang memadai.

“Perkembangan zaman begitu pesat. Begitu juga dengan proses belajar dan mengajar yang terus mengalami perkembangan. Melalui program ini, kami ingin berkontribusi dalam memperkuat cyber education, baik e-learning, e-teaching, kepada sekolahsekolah sekitar perusahaan,” ujarnya.

BACA JUGA: Semester II 2024, Jasindo Optimistis Lanjutkan Tren Pertumbuhan Positif

Bantuan perangkat lunak PC dan komputer tersebut merupakan kelanjutan dari program yang telah diluncurkan sejak 2021 lalu dan hingga saat ini tercatat lebih dari 78 PC berikut paket internet gratis selama setahun telah disalurkan kepada sekolah-sekolah di yang ada di lokasi terpencil di Riau mulai dari Kampar, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Indragiri Hulu.

Kepala SMPN 3 Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Syahrial M Adri bersyukur sekolah yang dia pimpin menjadi salah satu penerima bantuan komputer dan paket internet gratis setahun penuh.

BACA JUGA: Play High Land Hadirkan Kemudahan Menginap dan Berlibur

Syahrial mengakui selama ini akses internet dan keberadaan perangkat komputer kerap menjadi hambatan bagi sekolahnya yang berada di pedalaman untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, terutama untuk mendapatkan bahan ajar dari internet.

“Kami para guru di daerah terpencil sangat terbantu dengan bantuan ini. Mudahmudahan dengan adanya komputer dan internet gratis satu tahun penuh, kegiatan belajar dan mengajar dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Bantuan komputer dan peralatan modem internet selama setahun penuh juga menjadi solusi bagi permasalahan pelaksanaan kegiatan belajar secara daring di SDN 018 Pujud Utara.

Kepala SDN 018 Pujud Utara Darti S.Pd SD mengaku sebuah kebahagiaan bahwa sekolah yang dikategorikan sebagai salah satu sekolah di nun jauh di pedalaman Provinsi Riau itu mendapatkan bantuan tersebut.

“Tentunya bantuan ini memiliki manfaat begitu besar kepada sekolah kami. Yang biasanya kami harus pergi ke kota atau kecamatan untuk mendapatkan materi ajar via internet, sekarang sudah tersedia di sekolah sendiri. Terimakasih PTPN,” harapnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler