Dukung Industri 4.0, Telkomsel Meluncurkan Layanan IoT Smart Manufacturing

Jumat, 10 Juni 2022 – 18:20 WIB
Telkomsel perkuat upaya untuk mengakselerasi transformasi lintas sektor industri di Indonesia menuju Industri 4.0 dengan menghadirkan layanan Telkomsel IoT Smart Manufacturing. Foto: dok Telkomsel

jpnn.com, JAKARTA - Telkomsel menghadirkan layanan Internet of Things (IoT) Smart Manufacturing melalui video virtual, Kamis (9.6).

Layanan tersebut dihadirkan untuk bisa mengakselerasi transformasi lintas sektor industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terkini.

BACA JUGA: HUT ke-27 Tahun, Telkomsel Sebut Jumlah Pelanggan Tembus Ratusan Juta

Selain itu, IoT Smart Manufacturing itu memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkelanjutan (sustainable manufacturing), dengan mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, hingga keamanan pada setiap proses operasional perusahaan.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan pihaknya konsisten dalam mendukung berbagai pelaku bisnis lintas sektor industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT terkini yang bisa lebih membuka peluang bagi perusahaan untuk mengoptimalkan efisiensi.

BACA JUGA: Telkomsel Perluas Penerapan Operasional RPA demi Ciptakan Telekomunikasi Digital

"Kami menghadirkan solusi digital terintegrasi pada rantai manufaktur yang sejalan dengan roadmap para pelaku industri tanah air dalam ekosistem yang mendukung komitmen Making Indonesia 4.0," ungkap Wong Soon dalam sambutannya, Kamis.

Dia menambahkan layanan tersebut sebagai bukti kepedulian Telkomsel akan dampak industri terhadap lingkungan.

BACA JUGA: Telkomsel Meluncurkan Bisnis Riset Berbasis Digital, Ini Manfaatnya

Menurut dia, solusi end-to-end yang terintegrasi dari layanan itu tidak hanya memberikan peningkatan produktivitas dan efisiensi perusahaan, tetapi mendukung terciptanya industri manufaktur yang ramah lingkungan.

Layanan itu, lanjutnya, memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkesinambungan.

Sebab, produksi produk manufaktur dilakukan melalui proses terintegrasi yang lebih ekonomis, sehingga bisa meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan melalui konservasi energi dan sumber daya alam.

Lebih lanjut, dia menjelaskan layanan tersebut menyediakan solusi yang lebih menyeluruh karena di dalamnya mencakup production control & monitoring, overall equipment efficiency (OEE), quality control using computer vision, traceability, warehouse management, manufacturing execution system (MES) dengan menyediakan data platform.

Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin RI Heru Kustanto mengatakan, Kemenperin mengapresiasi Telkomsel sebagai salah satu solution provider yang komprehensif dalam bertransformasi menuju Industri 4.0 di Indonesia.

"Kami akan terus memberikan dukungan kepada solution enabler seperti Telkomsel yang membangun sinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Heru Kustanto. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Telkomsel Enterprise, Solusi Tingkatkan Produktivitas Perusahaan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler