Dukung Industri Ikan Hias, KAI Logistik Fasilitasi UMKM Binaan KKP

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 03:07 WIB
Ikan hias (Ilustrasi). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - KAI Logistik, anak usaha KAI berkomitmen mendukung sektor industri ikan hias melalui dukungan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ikan hias.

Salah satu dukungan yang diberikan melalui kerja sama khusus dengan pelaku usaha ikan hias binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Blitar, yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama dengan sejumlah pelaku usaha ikan hias di Blitar pada 31 Juli 2024 lalu.

BACA JUGA: KAI Logistik Kantongi Sertifikasi Halal dari BPJPH

Penandatanganan tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang sebelumnya telah dilaksanakan antara Direktorat Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) dan KAI Logistik pada 2022 lalu, dengan tujuan memberikan kemudahan akses transportasi dan distribusi produk kelautan serta perikanan.

“KAI Logistik menyadari dalam industri bisnis perikanan baik ikan segar, olahan maupun ikan hias, aspek distribusi logistik memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Pelaku usaha membutuhkan kepastian ketepatan waktu distribusi untuk dapat mempertahankan kualitas produk, untuk itu KAI Logistik mefasilitasi kebutuhan tersebut melalui segmen bisnis KALOG Express yang berfokus kepada layanan kurir atau retail,” ujar Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah.

BACA JUGA: Konsisten Terapkan ESG, ANTAM Raih 12 Penghargaan ENSIA 2024

Pengiriman ikan hias membutuhkan penanganan khusus untuk menghindari risiko ikan hias mati selama perjalanan.

KAI Logistik menerapkan prosedur secara ketat, baik saat penanganan bongkar muat maupun selama dalam perjalanan untuk menjaga kondisi ikan hias, seperti penataan atau penempatan di dalam gerbong, hingga memastikan ikan hias terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

BACA JUGA: Peringati HUT RI, KAI Hadirkan Tiket Promo Panjat Pinang, Ada Potongan Harga Hingga 50 %

Selain memfasilitasi pengiriman dengan jaminan ketepatan waktu, perseroan juga turut memberikan stimulus berupa pemberian harga khusus berupa diskon 30% untuk pengiriman ikan hias.

”Dengan adanya pemberlakuan diskon ini, kami berharap mampu meringankan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis usahanya khususnya dalam biaya logistik," tutur Fredi.

Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Pemerintah Kabupaten Blitar menyambut baik dukungan yang diberikan KAI Logistik kepada pelaku usaha ikan hias di Blitar.

Kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan pengiriman ikan hias dari Segitiga Emas (Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Kediri) ke wilayah lain di Pulau Jawa.

Kegiatan ini juga termasuk salah satu program pemerintah, di mana kegiatan ini dapat membantu seluruh pelaku usaha dan UMKM agar dapat lebih tumbuh dan berkembang dalam menjalankan usahannya.

Berny Achmad Subki, Direktur Logistik KKP menekankan implementasi kerja sama antara KKP dan KAI Logistik merupakan langkah strategis dalam distribusi hasil perikanan salah satunya ikan hias, dan diharapkan mampu meningkatkan efisiensi logistik untuk mendorong pertumbuhan UKM sektor KP.

Berbagai langkah strategis ini tentunya dilakukan, sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, di mana dalam hal ini adalah memastikan pemberian dukungan kepada pelaku usaha UMKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya melalui pengoptimalan distribusi logistik.

”Ke depan, KAI Logistik berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan terus mendukung pengembangan usaha dan perekonomian UMKM Indonesia melalui kerjasama dengan berbagai  pelaku usaha baik dalam binaan KKP maupun di luar binaan KKP untuk mengambil perananan dalam menggerakan roda perekonomian nasional," seru Fredi.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler