Dukung Pelantikan Jenderal Andika, Polri Tingkatkan Sinergi dengan TNI 

Selasa, 16 November 2021 – 14:25 WIB
Jenderal Andika Perkasa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri mendukung pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. 

Korps Bhayangkara memastikan sinergi TNI dan Polri tetap bertahan dan berjalan baik.

BACA JUGA: Jokowi Melantik Jenderal Andika jadi Panglima TNI Besok

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo menyatakan bahwa pelantikan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI sudah menjadi keputusan Presiden Jokowi. 

"Sikap Polri tetap mendukung penuh apa yang menjadi kebijakan dari pemerintah, khususnya Bapak Presiden. Itu merupakan hak prerogatif Bapak Presiden," kata Irjen Dedi Prasetyo.

BACA JUGA: Jenderal Andika kepada Gubernur Dominggus: Saya Ingin Lihat Papua Barat Maju

Dia menjelaskan bahwa sinergi Polri dan TNI sudah terbentuk mulai dari tingkat pimpinan hingga bawah.

Menurutnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga selalu meningkatkan sinergi di unsur pimpinan.

BACA JUGA: Jokowi Pilih Jenderal Andika Calon Panglima TNI, Mabes Polri Merespons Begini

Dia menegaskan sinergi Kapolri dengan Panglima TNI terpilih juga sudah berjalan sejak lama. 

Menurut Dedi, sinergi Polri dan TNI tersebut dalam rangka menciptakan situasi keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan operasi kemanusiaan. 

"Sinergi ini akan terus ditingkatkan, termasuk pengamanan terkait dengan kegiatan, baik event internasional maupun nasional," kata mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu.

Presiden Jokowi mengagendakan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada hari Rabu (17/11). 

Pelantikan ini akan dilakukan di Istana Negara.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI pada hari Senin (8/11) menyetujui usulan Presiden Joko Widodo yang mengajukan nama Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

Persetujuan tersebut diambil setelah mendengarkan laporan Komisi I DPR yang telah menyelenggarakan proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI pada hari Sabtu (6/11).

Dalam rapat paripurna tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa hadir dan diperkenalkan di hadapan anggota dewan. Andika dipilih sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler