Dukung Peresmian Terminal Banjar dan Leuwi Panjang, Jasa Raharja Sampaikan Sejumlah Harapan

Kamis, 08 Februari 2024 – 18:07 WIB
Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana mendukung langkah nyata pemerintah mewujudkan pelayanan publik untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum sebagai pilihan utama. Foto: Dokumentasi Jasa Raharja

jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua terminal Tipe A di wilayah Jawa Barat, yakni Terminal Leuwi Panjang di Kota Bandung dan Terminal Banjar di Kota Banjar pada Sabtu (3/2).

Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana yang turut hadir pada peresmian dua terminal tersebut mengungkapkan pihaknya mendukung langkah nyata pemerintah mewujudkan pelayanan publik untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum sebagai pilihan utama dalam mendukung mobilisasinya.

BACA JUGA: Jasa Raharja dan Korlantas Polri Serahkan Buku Pendidikan Lalu Lintas Kepada Pengajar di Jatim

"Dengan peningkatan kualitas terminal sebagai komponen penting yang menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan umum," ujar Dewi dalam keterangannya yang diterima, Kamis (8/2).

Harapannya, lanjut Dewi, operator angkutan umum juga mampu mengimbangi dengan memastikan kesiapan dan keamanan berkendara sehingga dapat tercapai tujuan revitalisasi terminal-terminal ini, yaitu mengurangi kemacetan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA: Dirut Jasa Raharja Ungkap Pentingnya Pendidikan Lalu Lintas Diajarkan Sejak Dini

Lebih lanjut Dewi mengatakan dukungan lain yang Tim Pembina Samsat berikan untuk meningkatkan minat masyarakat lebih mengenal terminal dilaksanakan dengan menempatkan salah satu inovasi terbaik bidang Kesamsatan di Terminal Tipe A Leuwi Panjang Bandung.

BACA JUGA: Jasa Raharja & Korlantas Polri Evaluasi Data Laka Lantas Wilayah Hukum Polda Sumut

"Samsat Digital ini merupakan yang pertama di Indonesia dimana proses dari awal hingga akhirnya wajib pajak menerima SKPD dilakukan secara self service," ungkap Dewi.

Sebagai informasi, keberhasilan revitalisasi dua terminal yang baru saja diresmikan tersebut terlihat dari peningkatan fungsi terminal yang tidak hanya menjadi tempat naik turunnya penumpang.

Namun, kedua terminal tersbeut juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang modern, seperti adanya playground, perpustakaan hingga area pemasaran produk-produk UMKM yang dapat meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masing-masing wilayah.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan sebagai bagian dari fasilitas salah satu terminal ini adalah dengan menyelenggarakan Inovasi Samsat Digital di Terminal Leuwi Panjang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat acara peresmian menyampaikan terminal yang ada saat ini sangat modern.

Kemudian dilengkapi berbagai fasilitas untuk menghilangkan stigma negatif terminal yang telah lama terbangun dan keberadaan terminal-terminal ini mampu menjadi pendorong dan penggerak ekonomi serta menjadi wadah kegiatan sosial dan seni budaya untuk melesatarikan kearifan lokal setempat.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan pemerintah sepenuhnya mengupayakan pembangunan infrastruktur fasilitas publik untuk menunjang percepatan mobilisasi sehingga pemerataan dapat terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

"Dalam mewujudkannya infrastruktur transportasi seperti terminal ini memegang peranan besar dan harus kita dukung bersama," kata Jokowi.

Selain itu, permasalahan kemacetan yang sudah menjadi isu utama harapannya juga dapat diselesaikan melalui peningkatan minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Kepala Negara juga berharap semoga masyarakat lebih terdorong dan bersemangat menggunakan fasilitas transportasi umum, baik itu bus, kereta api, kereta cepat, KRL, MRT, LRT seperti di
Jakarta.

"Mari bersama menjaga Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Banjar yang ada di Provinsi Jawa Barat ini, juga fasilitas transportasi umum lainnya di seluruh Indonesia agar senantiasa aman, lancar, hingga memastikan keselamatan masyarakat penggunanya,” pesan Jokowi. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler