Dukung Petisi Afirmasi PPPK Guru 2021, SNWI Desak Passing Grade Tidak Sama

Kamis, 16 September 2021 – 15:28 WIB
Peserta Tes PPPK 2021. Ilustrasi Foto: Humas BKN

jpnn.com, JAKARTA - Petisi meminta tambahan afirmasi PPPK guru 2021 terus mendapatkan dukungan dari kalangan guru honorer.

Ketua Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Sumatera Selatan Susi Maryani mengatakan mereka mendukung petisi tersebut. 

BACA JUGA: Peserta Tes PPPK 2021 Ikat Celana Longgar pakai Rafia, Guru Honorer Histeris

Dia menyebutkan guru honorer di bawah SNWI banyak yang tidak memenuhi passing grade PPPK 2021. Bahkan sudah ditambahkan afirmasi pun tidak terpenuhi.

"Contohnya saya. Formasi di sekolah saya untuk guru pendidikan agama Islam (PAI) hanya satu. Saya pelamar satu-satunya tetapi karena passing grade terlalu tinggi 325 saya tidak lulus," ungkap Susi kepada JPNN.com, Kamis (16/9).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Tes PPPK Penuh Air Mata, Ketum Honorer Akhirnya Beri Kabar Gembira

Andai passing grade kompetensi teknis untuk guru PAI di bawah 325, Susi yakin banyak yang bisa lulus. Hal itulah yang mendasari SNWI mendukung petisi afirmasi PPPK guru 2021.

Dikatakan, selain mendukung petisi tersebut, SNWI juga menyampaikan aspirasi melalui Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PB PGRI.

BACA JUGA: Usai Tes PPPK Guru 2021, Ketua GTKHNK 35+ Ini Tersenyum, Optimistis Lulus

"Rencananya kami akan beraudiensi dengan kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan DPRD untuk meminta dukungan tambahan afirmasi," terangnya.

SNWI meminta passing grade PPPK guru 2021 harus disesuaikan dengan kemampuan SDM di daerah masing-masing.

Sebab kemapuan SDM setiap daerah berbeda-beda. Misalnya DKI Jakarta jangan disamakan passing grade-nya dengan Papua. Begitu juga dengan Sumatera, Jawa, Bali dan Indonesia timur. (esy/jpnn)

 

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Soetomo
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler